Timnas Argentina.
Nasional

Argentina Umumkan Laga Lawan Timnas Indonesia di Jakarta 19 Juni

  • Sebelum melawat ke Jakarta, Lionel Messi dkk. bakal bertandang ke Beijing, China, untuk menghadapi Timnas Australia.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Timnas Indonesia bakal menghadapi Timnas Argentina pada FIFA Matchday di Jakarta pada 19 Juni 2023. Kepastian itu diumumkan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) di akun media sosial resmi Timnas Argentina, Selasa 22 Mei 2023. 

Kabar ini tentu melegakan mengingat rumor uji coba Indonesia melawan Tim Tango sudah beredar awal Mei. Sebelum melawat ke Jakarta, Lionel Messi dkk. bakal bertandang ke Beijing, China, untuk menghadapi Timnas Australia.

“Pertandingan persahabatan dikonfirmasi. 15 Juni (Argentina) vs Australia di Beijing. Kemudian 19 Juni vs Indonesia di Jakarta,” tulis akun Twitter timnas Argentina.

Sejauh ini belum ada informasi mengenai stadion yang akan dipakai untuk menggelar laga akbar itu. Namun jika melihat potensi antusiasme publik sepak bola Indonesia, hampir dipastikan PSSI memilih Stadion Utama Gelora Bung Karno yang mampu menampung hingga 77.000 orang. 

Sebaga informasi, FIFA Matchday periode Juni bakal berlangsung 12-20 Juni. Sebelum melawan Argentina, Tim Garuda bakal menghadapi Palestina dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 14 Juni. Timnas sendiri berencana menggelar pemusatan latihan mulai 6 Juni untuk menghadapi FIFA Matchday.

Bayar Rp73 Miliar

Rencana uji coba tersebut kali pertama diapungkan jurnalis Argentina, Gaston Edul, pada awal Mei. Edul dalam laporannya memerkirakan laga Argentina kontra Indonesia diperkirakan 18 atau 19 Juni. Duel lawan Indonesia bakal digunakan Argentina sebagai persiapan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol melawan Ekuador dan Bolivia, September 2023.

Jurnalis The New York Times, Rory Smith, menyebut Indonesia harus mengeluarkan kocek sangat dalam jika ingin mendatangkan Argentina. Sebab Tim Tango dikenal sebagai salah satu timnas dengan bayaran termahal di dunia. Apalagi mereka baru saja menjuarai Piala Dunia. 

“Tarif untuk satu pertandingan dengan juara dunia telah naik begitu tinggi hingga US$5 juta (sekitar Rp73,4 miliar),” bebernya.