Rangkaian baru milik KA Argo Dwipangga melintas kawasan Kelok Mertan saat melakukan uji coba perjalanan pada Sabtu, 9 Desember 2023
Nasional

Argo Dwipangga Mulai Pakai Rangkaian Terbaru Buatan INKA

  • PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengoperasikan sarana terbaru tersebut sebagai bentuk peningkatan layanan kepada penumpang menyambut liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Perjalanan Kereta Api Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP bakal menggunakan rangkaian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation terbaru buatan PT INKA mulai Rabu, 13 Desember 2023. 

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengoperasikan sarana terbaru tersebut sebagai bentuk peningkatan layanan kepada penumpang menyambut liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Terdapat berbagai upgrade tambahan yang menjadi keunggulan tersendiri pada kereta baru tersebut. 

Pertama yaitu pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. “Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Fitur pintu elektrik otomatis akan membuat suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap. Selanjutnya, terdapat fitur Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta. Fitur tersebut akan menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

Keberadaan fitur PIDS pada Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan. 

Keunggulan selanjutnya pada kereta terbaru yang dimiliki PT KAI itu yakni jendela kereta yang telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Dengan begitu, tingkat keamanan pada kereta lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam kabin. 

Hal itu juga dapat mereduksi kebisingan dari luar menjadi lebih baik. Pada bagian interior kabin kereta, terdapat tambahan fasilitas yang disediakan untuk penumpang. KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. 

Fasilitas tambahan untuk pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

Pada Kereta Luxury New Generation generasi terbaru, terdapat penambahan toilet menjadi dua pada tiap kereta. Toilet tersebut juga dipisahkan antara laki-laki dan perempuan. 

Tidak ketinggalan, kereta makan juga mendapatkan upgrade pada sarana terbaru itu. Kereta makan diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Interiornya didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut.

Keberadaan rangkaian baru untuk KA Argo Dwipangga itu merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero) di Madiun. 

Nantinya, tidak hanya KA Argo Dwipangga yang mendapatkan rangkaian baru ini. “Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap,” kata Joni.

Joni berharap upgrade kenyamanan kereta yang sedang dilakukan KAI dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. “Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, KA Argo Dwipangga berangkat dari Solo Balapan pada pukul 20.30 WIB dan tiba di Gambir pukul 03.30. Sebaliknya, dari Gambir berangkat pukul 08.50 WIB dan tiba pukul 15.50 WIB. Kedua arah perjalanan sama-sama menempuh waktu perjalanan selama tujuh jam.