<p>Perang Armenia-Ajerbaijan/AP</p>
Nasional & Dunia

Armenia-Azerbaijan, Konflik Warisan Soviet Yang Terus Mendidih Selama Satu Abad

  • JAKARTA-Selama hampir 40 tahun, Armenia dan Azerbaijan telah berkonflik memperebutkan sebidang area yang ada di wilayah pegunungan Kaukasus selatan. Perselisihan atas Nagorno Karabakh yang dimulai pada tahun 1988 selama bertahun-tahun telah menyebabkan kekerasan besar-besaran, krisis pengungsi yang parah, dan berdampak pada perekonomian kedua republik Transkaukasia. Masalahnya berkobar sekali lagi minggu ini, mengakibatkan lebih banyak kematian […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Selama hampir 40 tahun, Armenia dan Azerbaijan telah berkonflik memperebutkan sebidang area yang ada di wilayah pegunungan Kaukasus selatan.

Perselisihan atas Nagorno Karabakh yang dimulai pada tahun 1988 selama bertahun-tahun telah menyebabkan kekerasan besar-besaran, krisis pengungsi yang parah, dan berdampak pada perekonomian kedua republik Transkaukasia. Masalahnya berkobar sekali lagi minggu ini, mengakibatkan lebih banyak kematian dan kehancuran.

Dalam skala dan ruang lingkup, konflik antara Armenia dan Azerbaijan sekarang ini melebihi apa yang telah terjadi di kawasan tersebut selama 40 tahun terakhir. Dilaporkan, hampir seratus nyawa telah hilang antara warga sipil dan pejuang Armenia. Azerbaijan belum merilis data tentang kerugian militernya.

Pakar Kaukasus Selatan Laurence Broers, dalam sebuah artikel di BBC mencatat bahwa krisis saat ini sangat berbeda dari yang sebelumnya karena perselisihan sebelumnya bisa diatasi dalam beberapa hari. Intensitas pertempuran saat ini menunjukkan bahwa kali ini tidak mungkin. Lebih lanjut, ada kemungkinan peningkatan keterlibatan oleh kekuatan internasional mempertaruhkannya menjadi perang regional yang lebih luas.

Ilmuwan politik PL Dash dalam artikelnya berjudul Nationalities problem in USSR: Discord over Nagorno-Karabakh’ yang diterbitkan pada 1989menyebut akar konflik kembali lebih jauh ke dekade awal abad ke-20 ketika Uni Soviet yang baru dibentuk menarik perbatasan dan menciptakan unit teritorial nasional yang terdefinisi dengan baik di antara populasi etnis yang beragam di Uni Soviet.  Pertanyaan tentang batas teritorial tidak pernah muncul ketika di bawah kediktatoran Stalin dan kepemimpinan berikutnya.

Dia menambahkan bahwa kebijakan glasnost  yang dimulai mantan presiden Soviet Mikhail Gorbachev pada tahun-tahun terakhir Uni Soviet membawa sengketa wilayah menjadi pusat perhatian. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, konflik di Nagorno Karabakh semakin besar dan terus berkecamuk sejak saat itu.

Peran Uni Soviet

Sejarah dan etnis adalah dua faktor yang memainkan peran terbesar dalam konflik antara Armenia dan Azerbaijan saat ini. Suku Azeri mengklaim wilayah Nagorno-Karabakh berada di bawah kekuasaan mereka berdasarkan sejarah yang diketahui.

Orang Armenia berpendapat bahwa Karabakh adalah bagian dari kerajaan besar Armenia sejak abad ke-4SM. Masalah ini semakin diperumit oleh fakta bahwa wilayah tersebut berpindah tangan melintasi berbagai dinasti dan diduduki oleh berbagai komunitas etnis selama abad-abad berikutnya. Saat ini, wilayah tersebut mayoritas penduduknya beragama Kristen Armenia. Namun, secara internasional diakui sebagai bagian de jure dari Azerbaijan yang didominasi Muslim.

Pada tahun 1823, wilayah pegunungan tersebut berada di bawah pendudukan kekaisaran Rusia di bawah Kaisar Nicholas I. Di bawah rezim Tsar, daerah tersebut diubah namanya menjadi Shushenskiy Uyezd. Status wilayah tersebut berubah sekali lagi setelah Revolusi Oktober 1917. Pada tanggal 7 Juli 1923, Shushenskiy Uyezd diubah namanya menjadi Nagorno-Karabakh dan dipertahankan di dalam Transcaucasus Soviet. Republik Sosialis Federasi, yang kemudian terdiri dari Armenia, Azerbaijan, dan Georgia dan pernah bergabung dengan Uni Soviet ketika dibentuk.

Ketika wilayah Transcaucasus bergabung dengan Uni Soviet, perbatasan antara ketiga negara ini tidak ditentukan. Awal 1920-an terjadi perjuangan politik yang kuat untuk Karabakh antara Armenia dan Azerbaijan di Uni Soviet. Uni Soviet membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan masalah ini. Awalnya, pada 2 Desember 1920, Joseph Stalin, membuat keputusan memasukkan Karabakh di Armenia dan itu juga disepakati oleh Azerbaijan. Namun, kemudian mereka menolak dan Stalin, di bawah pengaruh Turki, mencabut rencana perbatasan.

Peran Turki dalam mendefinisikan perbatasan Nagorno-Karabakh sangatlah signifikan. Pertama-tama, pada tahun 1920-an, Uni Soviet melihat republik Turki yang baru lahir sebagai sekutu potensial mengingat kesamaan dalam perkembangan historis kedua republik dan permusuhan mereka miliki dengan kekuatan barat. Attaturk memusuhi pengaturan teritorial apa pun yang mendukung Armenia Soviet karena Armenia yang kuat dapat memiliki potensi klaim teritorial di Turki.

Cornell menjelaskan selain itu, Armenia tidak menunjukkan kecenderungan komunis pada tahun-tahun revolusi Rusia. Mengingat kecenderungan Stalin untuk memecah belah orang Kaukasia guna mencegah perlawanan terpadu gagasan untuk memisahkan orang Armenia menjadi dua entitas – republik Armenia dan Nagorno-Karabakh – pasti disambut.

Sejak 1922, wilayah Narango-Karbakh tetap menjadi bagian Azerbaijan, tetapi diberi otonomi yang cukup besar. Armenia, sejak saat itu, secara konsisten berusaha untuk membalikkan keputusan tersebut.

Hari-Hari Terakhir Soviet

Konflik antara kedua negara meletus menjadi konfrontasi besar-besaran di hari-hari terakhir Uni Soviet. Demonstrasi skala besar yang dilakukan oleh penduduk Armenia yang ingin bersatu kembali dengan Armenia menjadi kejadian sehari-hari sejak akhir tahun 1987 dan terlebih lagi pada tahun 1988. Pada bulan Agustus 1987 sebuah petisi yang ditandatangani oleh lebih dari 75.000 orang Armenia dikirim ke Sekretaris Jenderal Gorbachev, memohon kepada pemimpin Soviet untuk memasukkan Karabakh ke Armenia.

Peristiwa penting dalam konflik terjadi pada 20 Februari 1988, ketika Deputi Rakyat Nagorno-Karabakh Soviet mengeluarkan resolusi dengan pemungutan suara 110-17 yang meminta pemindahan ke republik Armenia. Penguasa Soviet menanggapi permintaan yang menyatakan bahwa merevisi struktur nasional dan teritorial yang ada bertentangan dengan kepentingan rakyat di Azerbaijan Soviet dan merusak hubungan antar-etnis. Tanggapan tersebut disambut dengan kekecewaan besar di antara orang-orang Armenia dan demonstrasi besar serta kekerasan mengikuti.

Semangat Azeri juga meningkat karena mereka merasakan hilangnya integritas teritorial yang disebabkan oleh kebijakan Soviet. Di mata kaum Azeri, Komunis telah membiarkan masalah Nagorno-Karabakh berlarut-larut. Dengan meningkatnya nasionalisme Azerbaijan dan Armenia, laporan tentang pengungsian, pertumpahan darah dan pembersihan etnis mulai berdatangan dari kedua sisi.

Pada bulan Desember 1991, Uni Soviet tidak ada lagi. Untuk pertama kali dalam 70 tahun, antagonisme antara Armenia dan Azerbaijan bukan lagi masalah internal Uni Soviet. Bentrokan malah menjadi perselingkuhan antara dua anggota masyarakat internasional yang tampaknya berdaulat. Artinya, persaingan di antara kekuatan regional terkemuka seperti Rusia, Iran, dan Turki yang telah mempengaruhi sejarah Transcaucasus selama bertahun-tahun, bangkit kembali, membawa kerumitan baru ke dalam konflik.

Pada Mei 1994, Rusia menengahi gencatan senjata antara kedua negara, tetapi konflik tersebut menolak untuk mereda dan terus berlanjut selama tiga dekade berikutnya dengan sesekali pelanggaran gencatan senjata dan kekerasan.

Kekerasan baru meletus pada Juli tahun ini, yang mengakibatkan kematian 18 orang termasuk seorang warga sipil. Tampaknya langkah pasukan Armenia untuk mendirikan pos baru di luar garis kendali mereka sebelumnya adalah penyebab pecahnya bentrokan pada bulan Juli. Dengan para pemimpin kedua negara sibuk dengan situasi pandemi yang sedang berlangsung, tidak terjadi konflik tidak ditangani dan berkobar sekali lagi minggu ini.

Pecahnya kekerasan yang terjadi sesekali antara kedua negara bukanlah hal baru dan masih harus dilihat bagaimana reaksi masyarakat internasional terhadapnya. Namun, pakar pertahanan dan kebijakan mengamati peristiwa mengarah pada siklus baru konflik. Seperti yang dijelaskan Broers dalam analisisnya setiap babak baru kekerasan Armenia-Azerbaijan menguji keseimbangan kekuatan yang rapuh di wilayah tersebut.