Dunia

Arsenal dan Adidas Rilis Seragam Serba Putih Sebagai Kampanye Anti-Kejahatan

  • Asrsenal memakai seragam serba putih dalam pertandingan Piala FA pada Minggu, 9 Januari 2022.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

LONDON – Klub sepak bola asal Inggris Arsenal dan perusahaan peralatan olah raga asal Jerman Adidas, berkolaborasi merilis seragam serba putih sebagai kampanye melawan kejahatan penusukan. 

Inisiatif ini adalah bentuk kepedulian terhadap kejahatan penusukan yang kerap terjadi, terutama pada remaja, di London.

“Ada lebih dari 10.000 kejahatan penusukan menggunakan pisau yang terjadi di London antara Juni 2020-Juni 2021. Sepanjang tahun lalu, jumlah pembunuhan remaja di London adalah rekor tertinggi sejak pencatatan dimulai – sebagian mencakup serangan dengan pisau,” seperti dikutip oleh TrenAsia.com dari laman resmi Arsenal pada 10 Januari 2022.

Kampanye yang diberi nama No More Red ini akan membentuk kerja sama antara Komunitas Arsenal dan anak-anak muda di London. Ruang kreatif yang lebih aman dan positif bagi remaja dan individu berbakat ini diharapkan akan menghadirkan perbedaan.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjaga remaja setempat tetap aman dengan menyediakan investasi bagi kegiatan yang positif. Bidang yang didukung dan disediakan tidak terbatas untuk apapun karir yang akan mereka pilih, seperti dikutip dari Mirror

Idris Elba, aktor sekaligus pendukung Arsenal, dan Ian Wright, legenda Arsenal dan Tim Nasional Inggris ditunjuk sebagai mentor inisiatif ini.

“Arsenal yang akan mengenakan seragam serba putih dan mengumumkan ‘No More Red’ diharapkan akan membuat orang bertanya-tanya, lalu akan mencari tahu,” ujar Idris Elba seperti dikutip dari Sky Sports News.

Sepanjang tahun lalu, dikonfirmasi adanya rekor 30 kematian remaja akibat kejahatan di seluruh London. Hal ini sekaligus menyoroti pentingnya inisiatif yang diadakan Arsenal dan Adidas.

“Setiap anak muda berhak atas kesempatan untuk mengekspresikan diri, kesempatan untuk berada di tempat yang aman, dan kesempatan untuk hidup bebas dari ketakutan akan kekerasan,” tambah Ian Wright seperti dikutip dari laman resmi Arsenal.

Warna ikonik Arsenal, yaitu merah dan putih, akan hilang dari seragam terbaru ini. Selain itu, logo dan sponsor juga akan berwarna putih. 

Seragam itu dipakai dalam pertandingan Piala FA pada Minggu, 9 Januari 2022 waktu setempat.

Pihak Arsenal telah mengumumkan bahwa seragam ini tidak akan diperjualbelikan. Seragam spesial ini hanya akan diberikan kepada individu yang membuat perubahan positif bagi komunitas.

“Our white shirt is not for sale, not for profit. No More Red,” tulis Arsenal.