Art Busan
Dunia

Art Busan, Unicorn Bidang Seni Asal Korea Selatan Raih Investasi Besar-besaran

  • Art Busan tak hanya dikenal sebagai pionir di pasar domestik, tetapi juga berhasil meraih pengakuan internasional.
Dunia
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

BUSAN - Penyelenggaraan pameran seni terkemuka di Korea Selatan "Art Busan", telah mencatat pencapaian investasi yang menarik perhatian banyak pihak. 

Investasi ini mengindikasikan minat yang kuat terhadap pasar seni serta potensi pertumbuhan Perusahaan Art Busan. Naiknya startup ini dalam dunia seni terjadi berkat dukungan dari sejumlah investor ternama, termasuk Sanghun Kim, mantan CEO Naver, Kelvin Dongho Kim, CEO Korea Credit Data, Simon Seojoon Kim, CEO Hashed, serta Tony Lyu, Venture Partner dari SoftBank Ventures Asia.

Dilansir siaran pers Art Busan, 14 Agustus 2023, sejak didirikan pada tahun 2011, Art Busan telah memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar atau sekitar   Rp15 triliun (kurs Rp15.000) menjadikannya startup dengan label unicorn  dan mengubah wajah kota busan sebagai kota budaya yang terpinggirkan, menjadi pusat kebudayaan yang berkembang pesat. 

Prestasinya semakin melesat dengan suksesnya pameran seni "Art Show Busan" pada tahun 2012. Puncaknya tercapai pada tahun 2022, ketika Art Busan meraih penghargaan sebagai pameran seni terbesar di Korea dalam hal jumlah pengunjung, volume penjualan, dan peringkat pameran seni yang diberikan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea.

Art Busan tak hanya dikenal sebagai pionir di pasar domestik, tetapi juga berhasil meraih pengakuan internasional. Peran Art Busan sebagai jembatan yang menghubungkan galeri seni internasional, pelindung seni, dan kolektor seni.

Investasi ini memberikan peluang bagi Art Busan untuk memperluas jangkauan bisnisnya dan merambah ke berbagai segmen baru dalam pasar seni internasional. Dukungan investor yang kuat telah memungkinkan terjalinnya kemitraan strategis penting yang akan memperkuat kehadiran Art Busan di Seoul serta membuka pintu menuju peluang global yang menjanjikan. 

Sebagai langkah awal dalam ekspansinya, Art Busan akan segera meluncurkan pameran seni dan desain premium pertamanya, "DEFINE SEOUL". Acara ini akan digelar di Distrik Seongsu, Seoul, pada tanggal 1-5 November mendatang. Inisiatif ini menandai langkah penting Art Busan menuju pemain utama dalam panggung seni global, sambil terus menginspirasi perkembangan budaya dan seni di Korea Selatan serta di seluruh dunia.