Car free day di Jalan Slamet Riyadi, Solo.
Nasional

Arus Mudik Lebaran, Car Free Day Terpanjang di Indonesia Libur 3 Pekan

  • Pemkot Solo meliburkan car free day (CFD) selama tiga pekan beruntun untuk menunjang arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Pemkot Solo meliburkan car free day (CFD) selama tiga pekan beruntun untuk menunjang arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Penutupan akses CFD tersebut berlaku di CFD Jalan Slamet Riyadi maupun CFD Jalan Juanda. Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dalam keterangan resminya menyatakan CFD mulai diliburkan pada hari Minggu 16 April 2023. 

CFD juga masih belum beroperasi pada Minggu 23 April 2023 dan Minggu 30 April 2023. Wahana bebas asap kendaraan bermotor itu bakal dibuka kembali Minggu 7 Mei 2023.   “Peniadaan sementara ini untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas mudik dan arus balik Hari Raya Idulfitri 1443 H,” demikian keterangan Dishub, dikutip TrenAsia, Jumat 14 April 2023. 

Selama masa libur tersebut, Dishub akan fokus pada pengamanan dan pelayanan selama Lebaran seperti patroli kota, derek kendaraan gratis 24 jam, pelayanan di sejumlah rest area dan posko Lebaran. Sebagai informasi, Kota Solo diperkirakan akan mengalami peningkatan arus mudik mulai Senin 17 April 2023. Adapun arus balik diperkirakan bakal muncul mulai Senin 24 April 2023. 

Penutupan sementara CFD penting mengingat Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Juanda merupakan jalur-jalur utama lalu lintas kendaraan di Kota Bengawan. Apalagi CFD Solo dikenal sebagai CFD terpanjang di Indonesia. 

Panjang CFD Slamet Riyadi yang membentang dari perempatan Purwosari hingga bundaran Gladak diperkirakan mencapai 3,74 kilometer (km). Adapun CFD Juanda memiliki panjang ruas hampir 2 km.