Pelindo
Transportasi dan Logistik

Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Selama Nataru Diprediksi Meningkat 30 Persen

  • Sebagai pelabuhan paling besar, sibuk, dan padat di Regional 4, Pelabuhan Makassar secara konsisten mencatat jumlah penumpang tertinggi setiap musim Nataru.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar prediksi jumlah arus penumpang dan kunjungan atau call kapal meningkat sebesar 30 persen di musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024(Nataru 2023/2024) tahun ini dibandingkan dengan musim Nataru tahun lalu.

“Diprediksi musim Nataru tahun ini akan mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujar General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin dalam keterangan resmi pada Rabu, 13 Desember 2023.

Sebagai pelabuhan paling besar, sibuk, dan padat di Regional 4, Pelabuhan Makassar secara konsisten mencatat jumlah penumpang tertinggi setiap musim Nataru. Dari 20 cabang yang dikelola oleh Pelindo di Regional 4, Pelabuhan Makassar mencatat total penumpang sebanyak 83.860 orang pada periode H-15 hingga H+15 selama musim Nataru tahun lalu.

“Dari total jumlah penumpang tersebut, untuk embarkasi atau penumpang yang berangkat sebanyak 42.722 orang dan debarkasi atau penumpang yang tiba sebanyak 41.138 orang,” ujar Iwan Sjarifuddin.

Iwan menyampaikan jumlah penumpang pada musim Nataru 2022 mengalami pertumbuhan signifikan yaitu sebesar 208 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 40.149 orang penumpang. 

Pelindo Regional 4 Makassar juga mencatat bahwa kunjungan kapal selama musim Nataru tahun lalu mencapai 83 kali.

Sementara itu Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar, Andy Hermawan menyatakan bersama dengan pemangku kepentingan lainnya, pihaknya akan mendirikan posko bersama di area Pelabuhan Makassar. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang yang diprediksi akan terjadi pada H-8, H-1, H+1, H+6, H+8, dan H+9 Nataru 2023.

“Selain itu kami juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas yang ada, khususnya di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang memiliki kapasitas kurang lebih 4.000 orang penumpang,” tambah Andy.

Andy menyatakan setiap sarana dan prasarana, seperti toilet, ruang menyusui, mushola, ruang tunggu, dan fasilitas lainnya, akan senantiasa dipantau agar tetap dalam kondisi yang nyaman dan bersih. 

Bahkan fasilitas tambahan berupa Ruang Tunggu Sementara (RTS) telah disiapkan untuk penumpang kapal yang transit. Hal ini bertujuan agar proses transit menjadi lebih tertib dan teratur, menghindari penumpukan di ruang tunggu terminal, dan memberikan rasa aman serta kenyamanan kepada calon penumpang.

Andy menambahkan posko tersebut akan mulai dioperasikan pada Senin, 18 Desember 2023. 

“Di dalam posko bersama itu akan terdiri dari semua unsur terkait di Pelabuhan Makassar, di antaranya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Makassar, Pelindo Regional 4 Makassar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), aparat keamanan, dan juga instansi pemerintah daerah yang terkait,” tutup Andy.