Chery Omoda 5
Transportasi dan Logistik

As Roda Belakang Jebol, Chery Indoneisa Tarik 420 Unit Omoda 5

  • Langkah ini diambil setelah ditemukan potensi kerusakan pada komponen as roda atau selongsong sumbu roda belakang, berdasarkan temuan kasus serupa di Malaysia.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA – Chery Sales Indonesia (CSI) mengumumkan tindakan penarikan kembali (recall) terhadap 420 unit mobil Chery Omoda 5 di Indonesia. 

Langkah ini diambil setelah ditemukan potensi kerusakan pada komponen as roda atau selongsong sumbu roda belakang, berdasarkan temuan kasus serupa di Malaysia.

“Berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi. Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit OMODA 5 1.5T (Z dan RZ) yang berpotensi terdampak di Indonesia,”  kata perusahaan dalam siaran persnya.

Masalah ini terungkap setelah seorang pemilik Omoda 5 di Malaysia melaporkan kerusakan kendaraannya pada akhir April 2024. 

Penyelidikan yang dilakukan Chery mengungkapkan adanya masalah pada as roda belakang yang dipasok oleh pihak ketiga. 

Sebagai tindakan pencegahan, Chery menarik kembali Omoda 5 yang diproduksi antara 14-17 Agustus 2023 di Malaysia, dengan jumlah unit terdampak mencapai 60 unit.

CSI segera melakukan investigasi di Indonesia dan mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 yang berpotensi terdampak. 

Untuk memastikan keselamatan konsumen, CSI telah menghubungi pemilik dari 420 unit mobil tersebut untuk melakukan pemeriksaan di diler Chery terdekat.

"Kami memprioritaskan keselamatan konsumen dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini dengan tanggung jawab penuh," ujar perwakilan CSI. "Jika ditemukan kerusakan pada komponen as roda, kami akan melakukan penggantian suku cadang secara gratis."

CSI menekankan bahwa masalah ini hanya berlaku untuk 420 unit Omoda 5 1.5 T (varian Z dan RZ) dan tidak berdampak pada produk Chery lainnya. 

Mengikuti Instruksi

Pemilik Omoda 5 1.5 T (Z dan RZ) di Indonesia diimbau untuk mengikuti instruksi dari CSI dan segera melakukan pemeriksaan kendaraan mereka di diler terdekat. 

Chery berharap langkah ini dapat menjaga kepercayaan konsumen dan memastikan bahwa semua kendaraan Chery di jalan tetap aman digunakan. 

“Kami berkomitmen kuat untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan keamanan berkendara pemilik produk Chery di Indonesia," tambah CSI.

Pemilik Omoda 5 yang terdaftar untuk pemeriksaan diharapkan segera mengatur jadwal dengan diler Chery terdekat untuk menghindari potensi risiko di jalan. 

Chery mengklaim pihaknya berkomitmenn untuk memberikan pelayanan terbaik dalam menangani isu ini dan menjaga kepuasan serta keselamatan pelanggan di Indonesia.