The 33rd ASEAN CCBWG
Dunia

ASEAN Eksplorasi Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas Administrasi Kepabeanan

  • Timor Leste hadir sebagai observer setelah bergabungnya negara tersebut dengan ASEAN.
Dunia
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - ASEAN adakan pertemuan untuk mengeksplorasi berbagai isu terkait peningkatan dan pengembangan kapasitas administrasi kepabeanan dalam upaya memfasilitasi perdagangan yang aman dan efisien di seluruh wilayah ASEAN.

Pada pertemuan bertajuk the 33rd ASEAN Customs Capacity Building Working Group (CCBWG), Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah dari acara yang berlangsung pada 12-14 September 2023 di Jakarta. 

“Pertemuan ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia sebagai tuan rumah karena dilaksanakan masih dalam momentum kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun 2023,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Ayu Sukorini seperti dilansir dari keterangan resmi. 

Hasil dari pertemuan tersebut dapat memberikan technical assistance dan memastikan bahwa ASEAN dapat terus maju bersama dalam hal administrasi kepabeanan.

“Pertemuan ini menunjukkan komitmen kita dalam mengembangkan kapasitas pejabat kepabeanan di ASEAN dan mencerminkan kerja sama kuat antara negara-negara anggota ASEAN dalam upaya meningkatkan kapasitas pejabat kepabeanan,” ujar Ayu.

the 33rd ASEAN CCBWG merupakan bukti konkret dari komitmen kuat ASEAN dalam mencapai visi untuk menjadi kawasan ekonomi yang terintegrasi dan kompetitif. Kolaborasi dan dialog yang terjadi selama pertemuan ini diharapkan akan memberikan manfaat signifikan bagi negara-negara anggota ASEAN dan pihak-pihak terkait.

CCBWG merupakan salah satu forum kerja sama kepabeanan di ASEAN yang saat ini dipimpin oleh Indonesia untuk periode 2023-2025 yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan. Para peserta dari seluruh negara anggota ASEAN berkumpul untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terbaik terkait modernisasi reformasi kepabeanan, administrasi sumber daya manusia, pengurangan kesenjangan pembangunan, manajemen pengetahuan, serta bantuan teknis antar negara anggota ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN. 

the 33rd ASEAN CCBWG kali ini juga menjadi momen bersejarah karena Timor Leste juga turut hadir sebagai observer setelah bergabungnya negara tersebut dengan ASEAN.