Pejalan kaki melintas depan logo BRI di Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia Jl Jend Sudirman Jakarta Pusat. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Perbankan

Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21 Persen pada Kuartal Pertama Tahun Ini

  • Selain pertumbuhan aset, bisnis Wealth Management BRI juga mencatatkan kinerja keuangan yang positif. Pendapatan berbasis fee (Fee-Based Income/FBI) dari Bancassurance meningkat sebesar 34% yoy, sedangkan pendapatan dari investasi melonjak lebih dari 200% yoy.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI/BBRI) menunjukkan performa positif dengan pertumbuhan aset yang dikelola oleh Wealth Management BRI meningkat sebesar 21% year-on-year (yoy) pada Kuartal I-2024. 

Selain pertumbuhan aset, bisnis Wealth Management BRI juga mencatatkan kinerja keuangan yang positif. Pendapatan berbasis fee (Fee-Based Income/FBI) dari Bancassurance meningkat sebesar 34% yoy, sedangkan pendapatan dari investasi melonjak lebih dari 200% yoy.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani, menjelaskan bahwa komitmen Wealth Management BRI dalam menyediakan solusi keuangan terbaik dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah Prima. 

Dikatakan olehnya, BRI terus meningkatkan kualitas layanan Wealth Management BRI dengan strategi yang fokus pada edukasi keuangan untuk masyarakat luas. 

“Misinya dalam hal ini juga membantu nasabah prima (BRI Private dan BRI Prioritas) menjelajahi kompleksitas lanskap keuangan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka,” ungkapnya melalui keterangan yang diterima TrenAsia, Rabu, 17 April 2024.

Handayani menambahkan bahwa BRI menyediakan pendampingan oleh financial advisor profesional yang memastikan penawaran produk sesuai dengan profil risiko nasabah. 

Wealth Management BRI juga didukung oleh ekosistem BRI Group, termasuk perusahaan asuransi, sekuritas, dan manajer investasi yang terpercaya.

Baca Juga: Penjualan SBN SR020 di BRI Tembus Rp1,5 T, Lampaui 202 Persen dari Target

Jumlah nasabah Prima Wealth Management BRI mencapai sekitar 148 ribu. Tidak hanya itu, pendaftaran investor baru BRI meningkat sebesar 60% yoy, menandakan minat dan kepercayaan yang meningkat terhadap produk investasi BRI Prioritas. Sementara itu, penutupan polis asuransi baru di BRI meningkat 65% yoy.

Handayani menyatakan optimisme BRI terhadap pertumbuhan bisnis Wealth Management di masa depan.  Seiring dengan bertumbuhnya keesadaran nasabah untuk melindungi diri, keluarga, dan aset mereka, diharapkan pertumbuhan bisnis Wealth Management BRI di masa mendatang akan lebih baik.

Wealth Management BRI Prioritas baru-baru ini meraih penghargaan "Highly Commended" dalam kategori "Product Advances: Excellence in Mass Affluent Banking" di Retail Banker International Asia Trailblazer Awards 2024 yang berlangsung pada 14 Maret 2024. Penghargaan prestisius ini memang menjadi acara tahunan yang mengapresiasi inovasi dan keunggulan di sektor perbankan dan keuangan.

Acara ini menjadi tolak ukur keunggulan dalam industri perbankan dan keuangan di kawasan Asia Pasifik. Pada tahun ini, banyak pencapaian dan inovasi menonjol yang telah berkontribusi besar terhadap perkembangan produk, layanan, dan pengalaman nasabah.

Handayani mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen BRI dalam menyediakan solusi pengelolaan keuangan yang komprehensif untuk nasabah. 

Menurutnya, penghargaan ini memperkuat komitmen Wealth Management BRI Prioritas dalam menyajikan solusi perbankan yang inovatif dan berfokus pada kebutuhan nasabah.

Wealth Management BRI Prioritas didukung oleh ekosistem BRI Group, termasuk perusahaan asuransi, sekuritas, dan manajer investasi. 

Nasabah dapat memilih dari berbagai instrumen keuangan yang tersedia, seperti Obligasi Pemerintah, Obligasi Korporasi, Reksadana, Bancassurance, dan Pengelolaan Dana Pensiun.