<p>ilustrasi/NASA</p>
Tekno

Asteroid Berdiameter 1,8 Km Mendekati Bumi

  • Para ilmuwan memperkirakan asteroid itu bergerak dengan kecepatan sekitar 76.000 km/jam atau 20 kali lebih cepat dari peluru yang melaju kencang.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Sebuah asteroid raksasa  akan melakukan pendekatan dekat ke Bumi pada 27 Mei.  NASA Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) menyebut ini adalah asteroid   terbesar yang akan melakukan pendekatan dekat ke Bumi tahun ini.

Asteroid  bernama 7335 (1989 JA) tersebut memiliki diameter 1,8 km, tetapi jangan khawatir dia akan melintas  sekitar  4 juta kilometer dari bumi. Ini  hampir 10 kali jarak rata-rata antara Bumi dan bulan. Jarak ini akan terjadi pada 27 Mei 2022.

Namun, mengingat ukuran batu luar angkasa yang sangat besar  dan relatif dekat dengan Bumi, NASA telah mengklasifikasikan asteroid itu sebagai "berpotensi berbahaya,". Artinya dia dapat melakukan kerusakan besar pada planet kita jika orbitnya  berubah dan batu itu menabrak  Bumi.

Menurut NASA, 7335 (1989 JA) adalah asteroid terbesar yang akan melakukan pendekatan dekat ke Bumi tahun ini. Para ilmuwan memperkirakan asteroid itu bergerak dengan kecepatan sekitar  76.000 km/jam atau 20 kali lebih cepat dari peluru yang melaju kencang. 

Batu itu tidak akan membuat pendekatan ke bumi lagi sampai 23 Juni 2055. Saa itu dia akan melintas lebih jauh lagi yakni dalam jarak sekitar 70 kali jarak antara Bumi dan bulan.

Asteroid ini adalah salah satu dari lebih dari 29.000 objek dekat Bumi (NEO) yang dilacak NASA setiap tahun. NEO mengacu pada objek astronomi apa pun yang melintas dalam jarak sekitar  48 juta km dari orbit Bumi.

7335 (1989 JA) juga masuk ke dalam kelas asteroid yang disebut kelas Apollo  yang mengacu pada asteroid yang mengorbit matahari sementara secara berkala melintasi orbit Bumi. Para astronom mengetahui sekitar 15.000 asteroid semacam itu.