Astra dan Aruna Laksanakan Pelepasan Kontainer Berisi 20 Ton Produk Perikanan Hasil Tangkapan Nelayan Lokal
Nasional

Astra Gandeng Aruna Berdayakan Nelayan Pesisir

  • PT Astra International Tbk. (ASII) dan Aruna telah melepaskan kontainer berisi 20 ton produk perikanan untuk digunakan dalam industri pengolahan di Indonesia. Pelepasan kontainer ini dilakukan dalam rangka kolaborasi untuk mendukung pengembangan industri perikanan di Indonesia, yang akan mencakup seluruh provinsi dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - PT Astra International Tbk. (ASII) dan Aruna telah melepaskan kontainer berisi 20 ton produk perikanan untuk digunakan dalam industri pengolahan di Indonesia. Pelepasan kontainer ini dilakukan dalam rangka kolaborasi untuk mendukung pengembangan industri perikanan di Indonesia, yang akan mencakup seluruh provinsi dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Kontainer tersebut berisi berbagai jenis produk perikanan seperti kepiting rajungan, tuna tongkol cakalang (TTC), ikan pelagis, ikan demersal, dan lain-lain, yang merupakan hasil tangkapan nelayan Desa Sejahtera Astra (DSA) di Bangkalan, Jawa Timur. DSA telah dibina oleh Aruna melalui Yayasan Maritim Nusantara Lestari.

Aruna berperan sebagai fasilitator untuk mengintegrasikan rantai pasok produk perikanan DSA, sehingga hasil tangkapan nelayan dapat dipasok ke industri pengolahan.

Kerjasama antara Astra dan Aruna dalam program DSA bertujuan untuk memberdayakan masyarakat nelayan dan masyarakat pesisir. DSA juga turut memberikan bantuan dalam bentuk peningkatan produktivitas nelayan melalui modal usaha berupa alat tangkap yang ramah lingkungan, serta edukasi mengenai standarisasi produk perikanan.

Naikkan Taraf Hidup Nelayan

Aruna sendiri adalah sebuah perusahaan rintisan yang berkomitmen untuk terus meningkatkan taraf hidup nelayan agar tetap memperhatikan keberlanjutan ekosistem kelautan sehingga potensi sektor ini bisa terus terjaga. Tidak hanya itu, Aruna juga membuka kesempatan berkolaborasi dengan berbagai pihak manapun untuk turut memajukan ekosistem kelautan dan perikanan Indonesia.

Susi Susanto, Vice President of Community Development Aruna menyebutkan, “Kita semua pasti tahu, komoditas laut Indonesia tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, dunia telah mengakui hasil laut kita. Melalui kegiatan ini, Aruna berharap dapat mendukung dan akselerasi kebutuhan industri ini khususnya untuk produk perikanan, baik untuk diolah kembali serta diserap oleh pasar global. Di sisi lain, kami sebagai perusahaan supply chain akan membantu untuk menyalurkan tangkapan nelayan lokal ke market.” 

Simbolis pelepasan kontainer ini dilakukan oleh Dewi Paramita, Program Manager CSR PT Astra International Tbk dan Susi Susanto Vice President of Community Development Aruna, didampingi oleh perwakilan dari beberapa kementerian yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan Budi Sulistyo, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan,  Kemenko Perekonomian Chairul Saleh, Plt. Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan, serta perwakilan staf dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi dan Kementerian Desa PDTT.

Acara ini turut disaksikan oleh perwakilan dari pemerintah provinsi Jawa Timur, Staf Ahli Gubernur bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan.

Selain itu, sinergi bersama PT Astra International Tbk dalam program DSA khususnya untuk pemberdayaan masyarakat bagi komunitas nelayan dan masyarakat pesisir. Adapun bentuk bantuan yang diberikan DSA yakni fokus pada peningkatan produktivitas nelayan lewat bantuan modal usaha berupa alat tangkap yang ramah lingkungan dan edukasi standarisasi produk perikanan, sehingga mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah dan memiliki daya jual tinggi untuk pasar domestik dan global.

“Kerjasama ini bentuk kolaborasi sukses antara Yayasan Maritim dengan DSA dalam mengembangkan potensi lokal secara khusus di sektor perikanan ini. Saya harap program-program seperti ini dapat terus terjalin dan menyasar lebih banyak lagi pelosok desa di Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang sejahtera serta semakin banyak pula hasil potensi laut Indonesia yang semakin terserap dan semoga juga dapat mendunia,” ungkap Dewi Paramita, Program Manager CSR PT Astra International Tbk seperti yang dikutip Trenasia dari laman resmi Aruna pada Jumat, 14 Juli 2023.

Hingga saat ini, Aruna telah berhasil mengantongi 2 rekor MURI sekaligus untuk sektor perikanan Indonesia. April 2023 kemarin, Aruna berhasil memecahkan rekor pada kategori “Edukasi Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan secara Hybrid kepada Nelayan Terbanyak”.  Selain itu, pada awal Juni 2023 kembali MURI memberikan apresiasi rekor dunia untuk kategori “Kreasi Menu Nusantara, Sajian Menu Masakan Berbahan Rajungan dengan Varian Terbanyak”.