<p>Ilustrasi: pemandangan ruang angkasa/foto:European Space Agency </p>

Astronom Australia Memburu Alien di 10 Juta Sistem Bintang, Hasilnya?

  • SYDNEY-Para peneliti menggunakan teleskop radio di pedalaman Australia Barat untuk memindai setidaknya 10 juta sistem bintang guna mencari sinyal frekuensi alien. Dalam makalah baru yang diterbitkan bulan ini di jurnal Publications of the Astronomical Society of Australia, astronom di Astronomical Society of Australia menjelaskan penggunaan teleskop Murchison Widefield Array (MWA) untuk menjelajahi langit di sekitar […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

SYDNEY-Para peneliti menggunakan teleskop radio di pedalaman Australia Barat untuk memindai setidaknya 10 juta sistem bintang guna mencari sinyal frekuensi alien.

Dalam makalah baru yang diterbitkan bulan ini di jurnal Publications of the Astronomical Society of Australia, astronom di Astronomical Society of Australia menjelaskan penggunaan teleskop Murchison Widefield Array (MWA) untuk menjelajahi langit di sekitar konstelasi Vela, yang terlihat di belahan bumi selatan.

“MWA adalah teleskop unik, dengan bidang pandang yang sangat luas yang memungkinkan kita untuk mengamati jutaan bintang secara bersamaan,” kata Chenoa Tremblay, salah satu penulis studi tersebut, kepada Phys.org 9 September 2020.

Tetapi hasil dari perburuan ini nihil. Mereka tidak mendeteksi adanya komunikasi dari kehidupan ekstraterestrial. “Kami mengamati langit di sekitar konstelasi Vela selama 17 jam, terlihat lebih dari 100 kali lebih luas dan lebih dalam dari sebelumnya. Dengan kumpulan data ini, kami tidak menemukan tanda tangan teknologi – tidak ada tanda kehidupan cerdas,” tambah Tremblay.

Tanda sinyal teknologi mengacu pada emisi radio pada frekuensi yang sama dengan yang digunakan dalam siaran radio FM, yang dapat menandakan keberadaan kehidupan berakal.

Meski pencarian yang dilakukan selama penelitian tersebut merupakan pencarian terluas untuk kehidupan di luar bumi yang diselesaikan, Steven Tingay, yang terlibat dalam penelitian tersebut, tidak terkejut dengan hasil tersebut. “Seperti yang dicatat Douglas Adams dalam ‘The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy,’ luar angkasa itu besar, sangat besar,” kata Tingay.

“Dan meskipun ini adalah studi yang sangat besar, jumlah ruang yang kami lihat setara dengan mencoba menemukan sesuatu di lautan bumi tetapi hanya mencari pada volume air yang setara dengan kolam renang halaman belakang,” tambahnya.

MWA terletak di Murchison Radio-astronomi Observatory di Australia Barat. Observatorium ini dibangun oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), sebuah badan Pemerintah Australia yang melakukan penelitian ilmiah.