Hutama Karya
Nasional

Asyik, Mulai 27 Oktober 2022 Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang Akan Beroperasi Tanpa Tarif

  • PT Hutama Karya (Persero) sebagai pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mengumumkan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 km akan dioperasikan tanpa tarif mulai Kamis 27 Oktober 2022.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) sebagai pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mengumumkan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 31 km akan dioperasikan tanpa tarif mulai Kamis 27 Oktober 2022.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, perseroan telah mengantongi keputusan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) tentang penetapan pengoperasian jalan tol Pekanbaru - Bangkinang.

"Sebelumnya, sudah dilakukan uji coba pengoperasian jalan tol Pekanbaru - Bangkinang dengan membuka secara fungsional ruas tol ini pada saat mudik lebaran 2022 lalu dan disusul dengan pelaksanaan uji laik fungsi dari tanggal 6-9 Juni 2022 serta diberikan sertifikat laik operasi oleh Kementerian PUPR pada 29 Juli 2022," kata Dwi pada Senin, 24 Oktober 2022.

Dwi melanjutkan untuk mendukung pengoperasian, Hutama Karya telah menyiapkan sebanyak 106 personil dan 22 unit kendaraan siaga yang terdiri dari ambulans, derek, patroli, jalan raya. Serta 4 gardu tol otomatis, 31 titik CCTV dan 2 titik variable message sign (VMS).

Selain itu, Hutama Karya juga telah mempersiapkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan kepada calon petugas yang akan mengoperasikan jalan tol selama 37 hari.

"Adapun pelatihan melingkupi kesamaptaan, pelayanan, penanganan gawat darurat, pelatihan evakuasi dan derek, pelatihan mekanikal dan elektrikal, pelatihan sistem transaksi dan peralatan tol," kata Dwi.

Dwi juga menyampaikan, meskipun belum dipatok tarif pengguna jalan tol tersebut tetap harus melakukan tapping uang kartu uang elektronik saat melintas.

Ia juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas.

Sebagai informasi, konstruksi jalan tol Pekanbaru - Bangkinang dikerjakan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), dimana jalan tol itu adalah jalan tol kedua yang dikerjakan oleh HKI, setelah sebelumnya telah mengerjakan jalan tol Pekanbaru - Dumai.