Nasional

Asyik! Pembangunan 3 Jembatan Gantung Tuntas, Konektivitas Warga Jatim Kian Mudah

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan tiga pembangunan jembatan gantung di Jawa Timur (Jatim) agar konektivitas antar desa semakin mudah.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan tiga pembangunan jembatan gantung di Jawa Timur (Jatim) agar konektivitas antar desa semakin mudah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jembatan gantung sebagai salah satu infrastruktur kerakyatan yang akan memperlancar mobilitas dan memangkas waktu tempuh antar desa.

"Hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses masyarakat menuju ke sekolah, tempat kerja, kantor camat atau Lurah," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Kamis, 16 Juni 2022.

Keseluruhan pembangunan ketiga jembatan tersebut menghabiskan anggaran Rp9,9 miliar dalam satu paket kontrak pengerjaan. Pembangunan ini dimulai sejak Agustus 2021 dan selesai pada Maret 2022 melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN).

Adapun ketiga jembatan yang telah diselesaikan pengerjaannya antara lain Jembatan Gatung Brungkah di Desa Karangrejo Kabupaten Pacitan yang pertama kali diselesaikan pembangunannya dengan panjang 84 meter (m).

Kemudian Jembatan Gantung Kowel di Kabupaten Pamengkasan dengan panjang 60 m yang menghubungkan Kelurahan Kowel dan Kelurahan Gladak Anyar.

Jembatan ini menjadi pengganti Jembatan Kowel sebelumnya yang rusak karena diterjang  banjir pada 2021. 

Selain itu, ada Jembatan Gantung Macanbang di Kabupaten Tulungagung dengan panjang 42 m yang akan mempermudah konektivitas masyarakat dari Desa Macanbang menuju Desa Gondosuli atau sebaliknya.