Terminal Penumpang Waingapu
Nasional

Atasi Pertumbuhan Penumpang, Pelindo Resmikan Pelabuhan Waingapu di Nusa Tenggara Timur

  • PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meresmikan terminal penumpang baru di Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meresmikan terminal penumpang baru di Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menyampaikan, pembangunan terminal penumpang baru di Pelabuhan Waingapu ini diperuntukkan agar dapat mengakomodasi pergerakan keluar masuk penumpang yang bertambah banyak.

"Pembangunan terminal penumpang baru ini untuk mengakomodir pertumbuhan yang besar, yaitu sekitar 70.000 orang dalam setahun atau sekitar 200 orang perharinya serta terminal ini juga bisa menampung sampai dengan 1.500 orang," kata Ardhy Wahyu dalam rilis resmi, Senin, 7 November 2022.

Ia merasa perlu adanya pembangunan fasilitas terminal yang lebih layak dan memadai untuk mengatasi tingginya pergerakan penumpang di Pelabuhan Waingapu.

Progres awal pembangunan revitalisasi berat terminal penumpang Waingapu dimulai sejak 1 September 2021, desain atap terminal penumpang ini mengusung konsep local wisdom yang menyerupai rumah adat masyarakat Sumba Timur.

Lalu di terminal penumpang ini juga dilengkapi dengan fasilitas tambahan berupa ruang ber-AC, CCTV, ruang tinggi VIP, penambahan toilet, mushala, ruang laktasi dan kesehatan, sehingga dapat membuat para penumpang lebih nyaman.

Lebih lanjut, Ardhy juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sumba Timur dan para stakeholder terkait dukungannya dalam pembangunan terminal penumpang baru ini.

"Dengan adanya revitalisasi terminal penumpang baru ini, bisa menambah luasan lebih kurang 1500 meter persegi yang dapat menampung 1.000 orang, dibandingkan bangunan sebelumnya yang hanya mampu menampung 200 orang.