The Hangzhou Sports Park Stadium menjadi salah satu venue Asian Games 2023.
Olahraga

Atlet Rusia dan Belarusia Boleh Tampil di Asian Games 2023

  • Komite Olimpiade Asia (OCA) mengizinkan atlet Rusia dan Belarusia ikut bertanding di Asian Games 2023.
Olahraga
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Komite Olimpiade Asia (OCA) mengizinkan atlet Rusia dan Belarusia ikut bertanding di Asian Games 2023. Namun atlet dari kedua negara tersebut tidak boleh membawa bendera negara dan tidak mendapatkan hak medali.

Sebagai informasi, setidaknya ada 500 atlet yang bakal bertanding dalam Asian Games 2023 di Hangzhou, China, 28 September-8 Oktober. “Atlet dari Rusia dan Belarusia diizinkan berkompetisi di Asian Games Hangzhou,” demikian pernyataan OCA, dikutip Reuters, Senin 10 Juli 2023. 

Meski tak mendapatkan medali, atlet dari Rusia dan Belarusia yang tampil di Asian Games 2023 tetap mendapat poin kualifikasi dalam persaingan menuju Olimpiade Paris. “untuk membantu mereka mendapatkan poin demi lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris,” imbuh OCA. 

Invasi ke Ukraina

Presiden OCA, Randhir Singh, memastikan partisipasi Rusia dan Belarusia di Asian Games 2023 tidak akan memengaruhi kuota atlet Asia ke Olimpiade 2024. Lebih lanjut, atlet Rusia dan Belarusia bakal dilarang tampil di cabang combat sports. Keikutsertaan atlet dua negara itu di cabang atletik, menembak dan renang bakal dibatasi.

Diketahui, Rusia dan Belarusia kini kesulitan mengikuti kompetisi internasional setelah keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) memboikot badan olahraga kedua negara tersebut. Sebelumnya Rusia telah dicoret dari kualifikasi Piala Dunia 2022. Saint Petersburg juga batal menggelar final Liga Champions pada tahun yang sama. 

Sejumlah event cabang olahraga lain seperti basket judo dan Formula 1 di Rusia juga terdampak. Hal tersebut tak lepas dari invasi Rusia terhadap Ukraina sejak Februari 2022. Belarusia yang mendukung invasi juga turut terdampak sanksi badan olahraga internasional.