<p>Bermanfaat menjaga sistem imun, benarkah konsumsi vitamin C terlalu banyak justru berbahaya? Simak penjelasannya/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Aturan dan Cara Membuang Sampah Obat dengan Benar, Hati-hati Disalahgunakan!

  • Buang sampah obat secara sembarangan juga bisa berpotensi untuk disalahgunakan oleh orang yang menemukannya. Oleh karena itu, simak cara membuang sampah obat dengan benar berikut ini.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Obat-obatan apalagi yang sudah habis dan kedaluwarsa harus segera dibuang. Akan tetapi, untuk membuang obat yang sudah kedaluwarsa atau tidak terpakai lagi caranya berbeda dengan membuang sampah rumah tangga pada umumnya.

Selain itu, sampah obat juga harus segera dibuang agar tidak menumpuk di kotak obat yang akan berisiko jika tidak sengaja dikonsumsi oleh penghuni rumah yang lain yang tidak tahu mengenai kondisi obat tersebut. Jika dibiarkan, maka hal tersebut dapat menimbulkan keracunan.

Buang sampah obat secara sembarangan juga bisa berpotensi untuk disalahgunakan oleh orang yang menemukannya. Oleh karena itu, simak cara membuang sampah obat dengan benar berikut ini, seperti yang telah dirangkum dari postingan akun Instagram resmi BPOM RI.

Obat Padat

1. Untuk membuang obat padat, sebaiknya keluarkan obat dari kemasan terlebih dahulu.

2. Kemudian, hancurkan obat sebelum dibuang. Jika obat berbentuk kapsul, keluarkan isi kapsul dari cangkangnya, lalu larutkan dalam air. Rusak atau gunting cangkang kapsul kemudian buang bersama sampah rumah tangga lainnya.

Jika obat berbentuk tablet atau kaplet, maka hancurkan obat terlebih dahulu lalu campurkan obat dengan barang yang tidak enak seperti ampas kopi, tanah atau kotoran kucing. Dengan cara ini, maka obat tidak akan menarik perhatian orang yang sengaja mencari obat di tempat sampah, anak-anak atau hewan peliharaan.

3. Letakkan campuran tersebut dalam wadah yang bisa ditutup.

4. Rusak atau gunting kemasan obat terlebih dahulu, lalu buang ke tempat sampah.

Obat Semi Padat

1. Untuk membuang obat semi padat seperti salep, krim, dan gel, pertama keluarkan isi obat dari kemasan lalu timbun dengan tanah.

2. Rusak atau gunting kemasan obat yang berbentuk tube, dus, pot terlebih dahulu, lalu buang ke tempat sampah.

Obat Cair

Obat cair bisa berwujud sirup, suspensi, emulsi, elixir dan sebagainya. Ada dua cara untuk membuang sampah obat cair, seperti berikut ini.

1. Periksa terlebih dahulu apakah ada endapan obat di dalam botol. Jika ada endapan atau obat sudah mengental, tambahkan air lalu kocok untuk melarutkan endapan. Kemudian, keluarkan cairan obat lalu encerkan dengan air. Buang larutan tersebut ke dalam saluran air yang mengalir.

2. Cara kedua yaitu, tuang cairan ke dalam plastik, dan dicampur barang padat yang tidak enak seperti ampas kopi, tanah, atau bahan kotor lainnya. Kemudian tutup plastik dengan rapat lalu buang plastik ke tempat sampah.