Gerai Matahari Departemen Store.
Korporasi

Sah! Auric Digital Jadi Pemegang Saham Pengendali Matahari Dept Store (LPPF)

  • PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) resmi memiliki pemegang saham pengendali baru, yakni Auric Digital Pte Ltd. Perubahan ini terjadi pada 14 Juli 2021.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) resmi memiliki pemegang saham pengendali baru, yakni Auric Digital Pte Ltd. Perubahan ini terjadi pada Rabu, 14 Juli 2021.

Corporate Secretary and Legal Director LPPF Miranti Hadisusilo mengatakan Auric telah mengeluarkan pernyataan penawaran tender sukarela pada 5 Mei 2021. Pernyataan itu ditujukan kepada para pemegang saham LPPF untuk membeli saham perseroan pada periode 4 Juli – 3 Juli 2021.

“Pada 15 Juli 2021, Auric mengumumkan pihaknya telah menjadi pemegang saham pengendali baru perseroan, satu hari sebelumnya,” ujarnya melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 16 Juli 2021.

Melalui penawaran tender sukarela itu, Auric saat ini telah mengempit sebanyak 840.776.696 saham LPPF. Angka tersebut setara dengan 32% dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan, sekaligus menjadikan Auric sebagai pemegang saham pengendali baru LPPF.

Auric sendiri merupakan suatu perusahaan yang didirikan di Singapura berdasarkan hukum negara Singapura dan berkedudukan di OUE Bayfront, Singapura. Auric adalah sebuah perusahaan dengan kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang investasi.

Miranti menegaskan, sebelum Auric menjadi entitas pengendali LPPF, perseroan tidak memiliki pihak yang baik secara langsung maupun tidak langsung menjadi pengendali perseroan. Oleh karenanya, Auric tidak memiliki hubungan afiliasi dengan pihak pengendali perseroan sebelumnya.

“Perseroan sebelumnya tidak memiliki pihak yang secara langsung maupun tidak langsung mengendalikan perseroan, dan saat ini perseroan telah memiliki pemegang saham pengendali,” tambahnya.

Setelah resmi dikendalikan oleh Auric, saham LPPF malah mengalami tren penurunan. Selama periode 14 – 16 Juli 2021, saham LPPF masing-masing ditutup terkoreksi sebesar 6,69%, 2,24%, dan 1,38% dan berada pada level harga Rp2.150 per lembar pada akhir sesi perdagangan akhir pekan.