Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/person-counting-cash-money-4475523/
Fintech

Auto Hemat! 5 Aplikasi Pencatat Keuangan untuk Atur Finansial

  • Penggunaan aplikasi keuangan memiliki banyak keuntungan, diantaranya mengatur keuangan yang lebih baik dan menghindari hutang untuk kebutuhan sehari-hari.Mengat
Fintech
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Penggunaan aplikasi keuangan memiliki banyak keuntungan, di antaranya mengatur keuangan yang lebih baik dan menghindari utang untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengatur keuangan dan menyisihkan uang setiap bulan untuk kebutuhan darurat memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih, masyarakat Indonesia terbilang memiliki kebiasaan hidup yang konsumtif atau boros.

Untuk menghindari pola hidup konsumtif, kini hadir aplikasi pencatat keuangan untuk mereview kebutuhan dan pengeluaran setiap bulannya.

Dengan hadirnya aplikasi tersebut, seseorang bisa menyeleksi item penting dan tidak penting dalam memenuhi kebutuhannya sehingga nominal uang yang ditabung atau diinvestasikan bisa bertambah. Berikut beberapa aplikasi pencatat keuangan terbaik yang bisa dijadikan pilihan!

1. Goodbudget

Aplikasi ini dibuat oleh Daspring Technologies yang sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan dan tersedia di Android dan iOs. 

Goodbudget tersedia secara gratis dan berbayar, jadi sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan aplikasi satu ini, pengguna bisa melacak pengeluaran sehari-hari dengan mudah.

Untuk versi berbayarnya, Goodbudget dapat membebaskan penggunanya untuk membuat kategori amplop dan akun tanpa batas. 

2. AndroMoney

AndroMoney memiliki tampilan yang user friendly dan seperti namanya, aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna Android.

AndroMoney sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan password protection yang mampu mengamankan data pengeluaran dan pemasukan penggunanya.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat melakukan backup data ke layanan Cloud Storage. Tak heran semenjak dirilis tahun 2011, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang.

3. Money Manager

Aplikasi Money Manager dirilis pada tahun 2018 dan saat ini sudah diunduh oleh sekitar 1 juta orang. 

Aplikasi ini memiliki desain yang sederhana dan lebih berwarna, sehingga membuat nyaman penggunanya. 

Money Manager memiliki fitur pengingat dan mampu melacak aktivitas keuangan dengan mudah dan efisien. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat melaporkan hasil pengeluaran dan pemasukan penggunanya dalam periode tertentu.

4. Monefy

Monefy menyediakan fitur yang kompatibel dan memiliki beberapa kategori untuk mengatur keuangan. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Cukup memasukkan nominal pengeluaran dan pemasukan sesuai dengan kategori, maka pengguna Monefy bisa langsung mengetahui untuk apa saja penggunaan uangnya.

5. Spendee

Spendee menyediakan fitur yang cukup lengkap karena tidak hanya mampu melacak pengeluaran dan pemasukan, aplikasi ini juga mampu menampilkan grafik dan diagram serta fitur dark mode.

Pengguna jug bisa menyediakan budget setiap bulan dengan mudah dan ketika pengeluaran yang diinput melebihi budget tersebut, maka secara otomatis akan muncul notifikasi.

Dengan menggunakan Spandee, pengguna mengontrol keuangannya dengan ketat.