Rekomendasi Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan dengan Media Sosial: Affiliate marketing
Gaya Hidup

Awas Boros dan Stres! Ini Cara Menghilangkan Efek FOMO dari Media Sosial

  • Inilah beberapa cara menghilangkan efek FOMO dari media sosial agar Anda tidak mudah stres dan jadi boros.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Istilah FOMO akhir-akhir ini kerap jadi perbincangan banyak orang. FOMO adalah singkatan dari fear of missing out yang artinya perasaan takut ketinggalan sesuatu.

Saat ini FOMO bahkan menjadi suatu strategi marketing untuk memasarkan produk agar semakin banyak konsumen yang membeli karena takut ketinggalan tren atau takut kehabisan.

Jika kebiasaan FOMO ini dibiarkan terus menerus, Anda akan kerap melakukan pembelanjaan secara impulsif bahkan sering merasa cemas takut kehilangan sesuatu yang seolah-olah harus Anda miliki.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai mengetahui cara menghilangkan efek FOMO dari media sosial yang dijelaskan berikut ini.

Cara Menghilangkan Efek FOMO dari Media Sosial

Cara Menghilangkan Efek FOMO dari Media Sosial

1. Ketahui pemicu mengapa Anda mengalami FOMO

Jika Anda terpengaruh dengan apa yang Anda lihat di media sosial dan merasa kehilangan jika tidak memiliki apa yang ditawarkan di media sosial tersebut coba kaji kembali apa yang membuat Anda merasakan hal tersebut. Mungkin hal ini bisa disebabkan Anda tidak yakin tentang arah atau tujuan hidup dan sedang mencari peluang baru tapi belum mengambil langkah selanjutnya.

2. Istirahat

Ada baiknya Anda melawan FOMO dengan istirahat dari media sosial. Hal ini akan membantu Anda berhenti terpapar dari hal-hal yang membuat Anda merasa ketinggalan.

3. Jangan fokus pada apa yang hilang

Anda mungkin sangat mudah terdistraksi dari apa yang ditawarkan di media sosial. Anda mungkin juga akan menjadi fokus dengan apa yang tidak Anda miliki dan jadi tidak menikmati apa yang Anda punya saat ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhenti dan mulai fokus terhadap apa yang Anda miliki saat ini.

4. Jangan langsung percaya semua yang Anda lihat

Apa yang ada di media sosial tentu tidak sepenuhnya nyata. Media sosial hanya memberikan satu sisi kehidupan saja dan tidak sepenuhnya dari cerita setiap orang. Oleh karena itu, hindari langsung percaya atas semua yang Anda lihat.

5. Lacak waktu Anda

Anda perlu melacak waktu Anda saat bermain di media sosial. Cobalah ambil batasan berapa jam Anda bisa mengakses media sosial untuk meminimalisir paparan hal-hal yang membuat Anda jadi FOMO. 

Itu tadi beberapa cara menghilangkan efek FOMO dari media sosial agar Anda tidak mudah stres dan jadi boros. Selamat mencoba.