Berapa Banyak Uang Tunai yang Harus Disimpan di Rumah?
Gaya Hidup

Awas! Ini 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Anda Mengelola Uang

  • Inilah beberapa kesalahan saat mengelola keuangan yang harus Anda ketahui agar kondisi keuangan Anda tetap stabil.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mengelola uang adalah salah satu langkah penting yang harus Anda lakukan dalam kehidupan finansial Anda. Mengelola uang akan membantu Anda belajar soal penganggaran, belanja dengan bijak, dan menabung demi mencapai tujuan keuangan.

Selain itu, pengelolaan uang yang baik dapat membantu Anda terbebas dari utang dan membangun tabungan Anda. Akan tetapi, ternyata mengelola uang juga memerlukan keterampilan.

Anda harus menghindari kesalahan berikut ini saat mengelola uang agar keuangan Anda tetap terjaga stabil.

Kesalahan Saat Mengelola Uang

Kesalahan Saat Mengelola Uang

1. Tidak Menjaga Anggaran

Pada umumnya, kita sering menganggap penganggaran adalah suatu hal yang rumit dan merepotkan. Akan tetapi, ternyata penganggaran tidak sesulit yang Anda pikirkan. Selain itu, penganggaran adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan keuangan Anda. 

Anda bisa memulai penganggaran sederhana dengan aturan 50-30-20. Hitung total penghasilan Anda dan sisihkan setengahnya untuk kebutuhan seperti sewa, utilitas, dan belanjaan. Habiskan 30% dari uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, dan masukkan 20% sisanya langsung ke tabungan.

2. Menunda Menabung

Banyak orang yang merasa tidak mendapatkan cukup uang untuk ditabung. Tidak mengherankan anggapan itu akan membuat mereka jadi menunda menabung secara terus menerus.

Padahal, menabung adalah hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Muda atau tua, aman secara finansial atau masih menyelesaikan masalah keuangan, semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari dana cadangan atau tabungan.

Ketika ada tagihan biaya tak terduga yang besar, seperti tagihan rumah sakit atau perbaikan mobil, akses tabungan akan menjadi kebutuhan, bukan kemewahan. Menabung sedikit demi sedikit tapi disiplin, akan membantu Anda tetap memiliki tabungan ketika dibutuhkan nanti.

3. Tidak Menetapkan Tujuan atau Menetapkan Terlalu Banyak Tujuan

Lupa merencanakan tujuan keuangan penting seperti kepemilikan rumah atau pensiun dapat membuat Anda kesulitan untuk mengejar ketinggalan. 

Selain itu, jika Anda terlalu ambisius tentang pengelolaan uang, hal ini dapat menyebabkan frustasi dan kekecewaan saat Anda melakukan kesalahan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengidentifikasi beberapa tujuan keuangan yang ingin Anda capai agar Anda tetap semangat menabung demi tercapainya. tujuan tersebut. Selain itu, dengan mengingat tujuan, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk mempertahankan kebiasaan baik setiap hari.

Itu tadi beberapa kesalahan saat mengelola keuangan yang harus Anda ketahui agar kondisi keuangan Anda tetap stabil.