Awas! Inilah Bahaya Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur
Gaya Hidup

Awas! Inilah Bahaya Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur

  • Awas! Inilah bahaya mengecek smartphone saat bangun tidur yang kini seolah menjadi kebiasaan yang lumrah untuk dilakukan setiap orang dan setiap hari.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Smartphone kini menjadi benda yang tampaknya selalu wajib digunakan sepanjang waktu. Bahkan, kita seolah-olah selalu tergoda untuk mengecek dan melihat smartphone bahkan saat tidak diperlukan. Tak hanya itu, banyak juga yang selalu mengecek smartphone usai bangun tidur.

Melansir dari laman Times Now News, ada sekitar 80% pengguna smartphone yang memeriksa smartphone mereka dalam waktu 15 menit usai bangun tidur di pagi hari. Padahal, kebiasaan tersebut justru berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

Selalu mengecek smartphone usai bangun tidur akan mengganggu peluang Anda untuk bisa memulai hari dengan pikiran yang tenang. Rutin mengecek smartphone usai bangun tidur akan menempatkan Anda dalam situasi yang stres. Hal ini karena bisa saja Anda dibombardir dengan banyak pesan baru, email, tugas dan hal-hal lain yang dapat memicu perasaan stres dan cemas.

Selain itu, ada juga sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Gothenburg di Swedia menyebutkan bahwa frekuensi tinggi dari smartphone secara langsung memiliki efek pada peningkatan risiko gangguan tidur dan gejala depresi pada pria muda dan wanita muda.

Selalu memeriksa smartphone usai bangun tidur tidak hanya mengalihkan perhatian Anda, tetapi juga dapat mengganggu ritme kehidupan Anda. Selain itu, hal tersebut juga memengaruhi kemampuan otak untuk memprioritaskan suatu tugas.

Tak hanya itu saja, langsung melihat smartphone usai bangun tidur dapat membajak waktu dan perhatian Anda sehingga membuat Anda jadi kurang produktif. Setelah Anda mengembangkan kebiasaan yang tidak sehat ini, hal tersebut juga dapat memicu rasa FOMO atau takut kehilangan saat Anda tidak mengecek smartphone.

Sementara itu, penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan smartphone yang berkepanjangan dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi dari sindrom leher, penglihatan kabur, kelebihan berat badan atau obesitas. Para peneliti telah mempelajari risiko kesehatan yang terkait dengan penggunaan ponsel, terutama berfokus pada kuman, kanker, kecelakaan lalu lintas, radiasi elektromagnetik, perubahan aktivitas otak dan pola tidur.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya Anda mematikan data seluler sebelum tidur atau meletakkan smartphone Anda tidak dalam ruangan yang sama saat Anda tidur. Anda juga bisa menggunakan alarm dari jam klasik daripada harus menggunakan alarm dari smartphone.

Daripada memulai pagi dengan rebahan di kasur sepanjang waktu, Anda juga bisa memulai kebiasaan yang lebih sehat saat pagi hari seperti bermeditasi, minum segelas air hangat, berolahraga, atau mulai membuat to-do-list yang berisi tugas-tugas Anda di hari tersebut.