Awas Penipuan Penggantian ID Pelanggan Mengatasnamakan PLN
Nasional

Awas Penipuan Penggantian ID Pelanggan Mengatasnamakan PLN

  • Beredar di grup WhatsApp sebuah gambar kwitansi berstempel PLN sebagai pelaksana dengan keterangan “Tanda Bukti Pembayaran Penggantian No ID PLN”. Dalam kwitansi tersebut tampak nominal yang harus dibayarkan sebesar Rp400 ribu. Tak hanya itu, logo PLN juga tercantum di kanan atas tanda terima.
Nasional
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Beredar di grup WhatsApp sebuah gambar kwitansi berstempel PLN sebagai pelaksana dengan keterangan “Tanda Bukti Pembayaran Penggantian No ID PLN”. Dalam kwitansi tersebut tampak nominal yang harus dibayarkan sebesar Rp400 ribu. Tak hanya itu, logo PLN juga tercantum di kanan atas tanda terima. 

Dikutip dari laman Kominfo, kuitansi tersebut dipastikan palsu. Pihak Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Temanggung dan Parakan telah mengklarifikasi baha PLN tidak pernah mengadakan program seperti itu. 

Penipuan tersebut dilakukan oleh oknum yang berpura-pura mengaku sebagai petugas PLN. Dengan itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan PLN untuk penggantian ID pelanggan dan memungut biaya dengan nominal tertentu. 

Sebagai informasi PLN tidak pernah menawarkan jasa layanan ke pelanggan seperti penjualan boks kWh meter atau penggantian ID, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah. 

Jika masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, jangan ragu untuk melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile. 

PLN Mobile 

PLN Mobile adalah aplikasi yang diluncurkan oleh PT PLN (Persero). Selain itu, ini juga merupakan aplikasi mobile customer self service berbasis mobile yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT).

Fitur yang disediakan PLN Mobile diantaranya adalah:

Kelistrikan 

Melayani pemasangan listrik baru dengan pilihan variasi daya juga pilihan prabayar atau pascabayar. Melalui fitur ini, Anda juga dapat mencoba fitur ubah daya. 

Internet

Fitur internet memungkinkan Anda untuk mengupgrade kualitas dan kecepatan internet baik untuk kebutuhan di rumah, kantor dan tempat-tempat lainnya. 

Perbaikan 

Fitur perbaikan memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan instalasi listrik di rumah, kantor, atau gedung ketika mengalami gangguan. 

Anda akan mendapatkan notifikasi work order dan dapat melakukan Tracking status order. Petugas PLN akan datang sesuai jadwal, melakukan pengecekan dan setelah selesai, Anda dapat melakukan approval pekerjaan dan lakukan pembayaran.

SPKLU

Fitur SPKLU ditujukan untuk Anda pengendara kendaraan listrik yang membutuhkan informasi tempat pengisian daya. 

Melalui fitur ini, Anda akan mendapatkan informasi nama dan lokasi tempat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)