<p>Karyawan melayani nasabah di customer care centre AXA Mandiri, di AXA Tower, Kuningan, Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

AXA Budayakan Smart Working untuk Tunjang Penerapan ESG

  • AXA memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk 3 hari bekerja di kantor (WFO) dan 2 hari bekerja dari rumah (WFH). Hal ini memiliki andil dalam lingkungan dengan mengurangi konsumsi bahan bakar oleh karyawan perusahaan.

Korporasi

Distika Safara Setianda

JAKARTA - PT Mandiri AXA General Insurance menjadi salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan keseimbangan prinsip 3P (People, Planet, dan Profit) untuk menjaga keberlanjutan perusahaan. 

Prinsip 3P tersebut turut memperhatikan konsep lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam menerapkan strategi keberlanjutan. Salah satu implementasi konkret dari AXA yakni pemberlakuan budaya smart working. 

Dikutip dari Laporan Berkelanjutan perusahaan tahun 2022, Selasa 8 Agustus 2023,  AXA memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk 3 hari bekerja di kantor (WFO) dan 2 hari bekerja dari rumah (WFH). 

Hal ini memiliki andil dalam lingkungan dengan mengurangi konsumsi bahan bakar oleh karyawan perusahaan. Pada budaya smart working, Perusahaan juga menerapkan ruang kerja terbuka dengan menyediakan ruang kolaborasi bagi karyawan.

Selain itu, Smart Working ditunjang program work life balance dengan penerapan program jam kerja fleksibel Senin-Jumat pukul 09.00-18.00 WIB. AXA juga melarang rapat setelah pukul 17.00 WIB agar tidak mengganggu karyawan yang bersiap berkumpul kembali bersama keluarga.  

Jika hendak melakukan rapat setelah pukul 17.00 WIB, pemimpin rapat harus meminta persetujuan Departement Head. Hal itu kecuali untuk keperluan rapat bulanan. AXA meyakini prinsip-prinsip pengelolaan aktivitas ini akan membantu mencapai tujuan berkelanjutan dalam bisnis mereka. 

Paperless

Lebih lanjut, AXA melakukan berbagai langkah seperti mengurangi penggunaan kertas dengan mengadopsi sistem tanpa kertas (paperless), menerapkan kebijakan reuse dan recycle di lingkungan perusahaan, melakukan pemantauan emisi karbon, serta mendukung program-program yang bertujuan untuk menjaga lingkungan hidup dan lingkungan sosial yang ramah.

Selain itu, perusahaan memberikan perhatian khusus terhadap penggunaan listrik dan air dengan terus mengingatkan pentingnya perilaku bertanggung jawab dalam efisiensi penggunaan energi dan air, mengingat dampaknya terhadap pelestarian lingkungan.

PT Mandiri AXA General Insurance juga mengusung semangat untuk mendukung kelestarian alam yang sering berhubungan dengan isu perubahan iklim, pemanasan global, dan dampak yang dihasilkan oleh kedua fenomena tersebut.