Menpan RB Azwar Anas
Nasional

Azwar Aznas Gantikan Sementara Mahfud Md Jabat Menkopolhukam

  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Aznas memangku jabatan ad interim (sementara) sebagai Menkopolhukam.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Aznas memangku jabatan ad interim (sementara) sebagai Menkopolhukam. Ini setelah Mahfud Md melakukan perjalanan dinas ke luar negeri pada 22 Agustus hingga 1 September 2023. 

Penunjukan Azwar Aznas sebegai menteri ad interim tersebut tercantum dalam surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-796/M/D-3/AN.00.03/08/2023 tertanggal 18 Agustus 2023. Sebelumnya Mahfud Md juga pernah menjabat sebagai MenPAN-RB ketika Azwar Aznas melaksanakan ibadah umrah pada April 2023 lalu.

“Berkenaan dengan surat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan nomor B-172/LN.00.01/8/2023 tanggal 14 Agustus 2023, yang ditujukan kepada Presiden RI, hal Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke Luar Negeri, dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri PANRB sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Ad Interim,” isi dari surat tersebut. 

Diketahui Mahfud Md melaksanakan perjalanan dinas ke luar negeri. Salah satu kunjungan dalam perjalanan dinas tersebut yaitu di Negara Turki untuk melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama keamanan (Agreement on Joint Cooperation on Security Issues) antara Indonesia dengan Turki. 

Rangkap jabatan ketika kondisi demikian memang wajar terjadi. Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno juga mendapatkan tugas tambahan baru untuk menggantikan posisi sementara (Ad interim) dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. 

Sandi juga sempat ditunjuk sebagai Menteri ESDM Ad Interim menggantikan Arifin Tasrif yang sedang berada di luar negeri sejak 14 Agustus 2023 lalu. Namun tugas Sandiaga Uno yang ini telah selesai dilakukannya.

Tidak hanya Sandi, Menteri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian juga mendapat tugas menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) Ad Interim menggantikan Menlu Retno Marsudi.

Keduanya didapuk sebagai menteri sementara di dua kementerian tersebut setelah Retno dan Luhut melakukan perjalanan dinas mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke sejumlah negara di Benua Afrika meliputi Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan pada 20 hingga 25 Agustus 2023.