<p>Investor pasar modal Lo Kheng Hong saat berkunjung ke MNC Studios, pusat produksi dan perkantoran milik MNC Group di Jalan Raya Perjuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa, 22 Januari 2019. / Mncgroup.com</p>
Korporasi

Babat Emtek hingga Viva, Grup MNC (MNCN) Kuasai Pasar Belanja Iklan RI

  • Pasar belanja iklan MNCN meningkat secara tahunan dari 38% menjadi 51% di periode Juli – Oktober 2021.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten media milik taipan Hary Tanoesoedibjo, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), mengumumkan kinerja konten dan free to air (FTA) sepanjang tahun berjalan 2021.

Hingga November 2021, perseroan mencatat margin pangsa pasar pemirsa sebesar sebesar 47% pada prime-time, serta 41,3%, untuk all-time, atau naik masing-masing 3,5% dan 3,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang tahun ini, drama seri milik perseroan, Ikatan Cinta, masih menempati posisi pertama sebagai program terbaik sepanjang tahun berjalan, sejak tayang perdana pada Oktober 2020.

Selain itu, program-program MNCN lainnya juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan secara konsisten menduduki puncak program teratas. Pada November 2021, sebanyak 19 dari 20 program teratas dari semua genre disiarkan oleh FTA TV milik MNCN.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan capaian ini akhirnya menghasilkan pangsa pemirsa agregat terbaik di industri hingga kuartal III-2021. 

Selain itu, ia merasa bangga telah mengkonsolidasikan aset digital MNC Media di bawah PT MNC Studios International Tbk (MSIN), yang ia yakini akan menjadi pendorong valuasi perusahaan bagi keduanya, MSIN dan MNCN. 

“Saya melihat proses ini akan tuntas pada kuartal pertama 2022 dan saya sangat optimistis menantikan babak baru dari perjalanan transformasi digital kami sebagai sebuah grup,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin, 13 Desember 2021.

Belanja Iklan

Meningkatnya pangsa pasar permirsa yang ditorehkan perseroan, sejatinya berdampak positif bagi perolehan iklan. Hal ini terbukti dari laporan Adex Nett Assumption, yang menyatakan bahwa pasar belanja iklan MNCN meningkat secara tahunan dari 38% menjadi 51% di periode Juli – Oktober 2021.

Pada kesempatan yang sama, Grup Emtek menempati posisi kedua, sebesar 24% pada Juli – Oktober 2021, turun dari periode yang sama tahun lalu, sebanyak 31%. Posisi selanjutnya, yakni Trans Corp, Viva Group, Metro, dan NET.

Perseroan menyakini lanskap periklanan pada kuartal IV-2021 akan pulih kembali, yang pada periode sebelumnya mengalami perlambatan ekonomi sebagai akibat dari berbagai pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah.