<p>Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 9 September 2020. Raker itu membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Kementerian Pertahanan dan TNI tahun 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional & Dunia

Backup Lumbung Pangan, Prabowo akan Tanam Singkong di 1,4 Juta Hektare Lahan

  • JAKARTA- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memaparkan road map Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam pengembangan food estate kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah yang akan diambil Prabowo yang ditunjuk untuk mendukung program ini adalah menanam singkong, “Saya hanya menjelaskan rencana ke depan singkong dan di Kalimantan Tengah kita akan mulai 2021, 30.000 hektare. Selanjutnya sampai akhir 2025 […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memaparkan road map Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam pengembangan food estate kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah yang akan diambil Prabowo yang ditunjuk untuk mendukung program ini adalah menanam singkong,

Saya hanya menjelaskan rencana ke depan singkong dan di Kalimantan Tengah kita akan mulai 2021, 30.000 hektare. Selanjutnya sampai akhir 2025 meningkat terus sasaran kita, hingga akhir 2025 sebanyak 1,4 juta hektare. Garis besar itu,” ujar Prabowo.

Prabowo mengungkapkan, singkong memiliki banyak produk turunan yang bermanfaat pada ketahanan pangan. Salah satunya adalah mocaf.

“Mocaf, yaitu tepung yang bisa menjadi bahan utama dar ipada kebutuhan pangan kita mem-backup, yaitu bahan pangan untuk roti, untuk juga nasi dari singkong dan juga mie. Indonesia sudah konsumen mi kedua terbesar di dunia dan kita ingin menjamin bahwa kita tidak tergantung dari persediaan luar negeri,” kata Prabowo.

“Saya kira intinya itu. Jadi kita optimistis kita akan bekerja dengan baik. PUPR bekerja di depan kemudian Kementan saya kira sudah punya rencana yang luar biasa yang baik ke depan. Gubernur Kalimantan Tengah juga mendukung di lapangan. Jadi saya kira itu dari saya dan kita siap bekerja dan kita siap menghadapi segala kemungkinan. Kami yakin bahwa kita bisa atasi semua kemungkinan yang akan dihadapi bangsa ini.”

Prabowo mengatakan dirinya mendapat tugas dari Presiden untuk memberikan dukungan bagi pelaksanaan food estate. Dalam hal ini sudah ada pembagian tugas bahwa Menhan akan menangani pembangunan cadangan pangan singkong.