Mantul! Baekhyun EXO Punya Agensi Sendiri, Rekrut Chen dan Xiumin
Hiburan

Baekhyun EXO Ngutang Rp148 Juta untuk Dirikan Agensi I&B100

  • Baekhyun EXO dilaporkan meminjam uang sebesar 13 miliar KRW (US$9,91 juta setara Rp148, kurs Rp15.000) saat dirikan agensinya yang bernama I&B100.
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Baekhyun EXO dilaporkan meminjam uang sebesar 13 miliar KRW (US$9,91 juta setara Rp148, kurs Rp15.000) saat dirikan agensinya yang bernama I&B100. 

Hal ini seperti diungkapkan oleh vokalis utama boy group terkenal asal Korea Selatan tersebut yang memilih mengambil pinjaman agar dirinya bisa sungguh-sungguh dalam menjalankan perusahaan. 

“Saya mengambil pinjaman karena janji yang saya buat pada diri saya sendiri. Saya mengeluarkannya dengan maksud bahwa saya tidak boleh mengabaikan operasional setelah mendirikan perusahaan saya sendiri, dan untuk selalu hidup dengan tekanan itu,” kata Baekyun seperti dikutip TrenAsia.com dari laman Koreaboo pada Rabu, 3 Januari 2023.

I&B100 sendiri telah didirikan Baekhyun pada 23 Juni 2023 dan saat ini sang pemilik telah ditetapkan sebagai CEO, dengan direktur internal yang ditunjuk. 

Baekhyun bahkan merekrut dua anggota EXO yang juga tergabung dalam sub-unit EXO, CBX, Chen dan Xiumin. Adapun keputusan ini telah mendapat restu penuh dari SM Entertainment, agensi yang mendebutkan Baekhyun. 

Pernyataan resmi dari SM Entertainment menyatakan, "Kontrak eksklusif kami untuk ketiga member EXO masih berlaku. Kami tidak dapat mengungkapkan secara spesifik ketentuan perjanjian tersebut, namun kami telah memungkinkan agar ketiga anggota dapat melakukan aktivitas masing-masing sesuai dengan perjanjian yang dibuat dengan perusahaan."

Menurut surat-surat yang terdaftar, I&B100 adalah perusahaan multi-hiburan yang akan menangani berbagai peran termasuk produksi, administrasi bisnis, investasi, dan konsultasi.

I&B100 bukanlah pengalaman pertama Baekhyun nyemplung dalam dunia agensi. Sebelumnya ia juga pernah mengungkapkan keterlibatannya sebagai direktur eksekutif di agensi terpisah bernama One Signature. Agensi ini didirikan oleh Baekhyun dan Kasper, seorang koreografer terkenal dan teman baik Baekhyun.