Bagaimana PHK Berdampak pada Kesehatan Mental Seseorang?
Gaya Hidup

Bagaimana PHK Berdampak pada Kesehatan Mental Seseorang?

  • Seseorang yang terkena PHK tidak boleh menyerah begitu saja
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - PHK memang tengah hangat diperbincangkan dalam beberapa minggu terakhir karena bahkan perusahaan besar seperti Google, Microsoft, Amazon, IBM, Intel, hingga Paypal telah mem-PHK banyak karyawan dengan alasan ekonomi atas keputusan mereka

PHK bisa membuat stres dalam banyak hal dan berdampak pada beberapa aspek kehidupan seseorang. Tidak hanya mengarah pada ketidakpastian, kerugian finansial, stres pencarian kerja tetapi juga berdampak negatif pada harga diri dan dalam banyak kasus memicu krisis identitas.

Seseorang mungkin menjadi merasa tidak nyaman bergaul dengan orang lain, menghadiri acara sosial, atau bahkan berbicara dengan anggota keluarga mereka karena takut dihakimi.

Jika tak kunjung mendapatkan pekerjaan, terlalu lama menganggur juga dapat lebih menghancurkan kesehatan mental seseorang karena membuat mereka merasa putus asa, pesimis, dan kehilangan motivasi selama jangka waktu tertentu hingga mempengaruhi kepribadian mereka.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi beragam dampak negatif dari PHK pada kesehatan mental?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menerima apa yang telah terjadi pada Anda dan kemudian menyusun langkah selanjutnya untuk move on dan bergrak maju. Orang yang terkena PHK harus mencoba mempertahankan rutinitas, melakukan perawatan diri dan terus bersosialisasi dengan orang lain untuk mengelola pikiran cemas.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Nerissa Hendricks, seorang psikolog konseling "Setiap orang kadang-kadang merasakan kekhawatiran yang terkait dengan kehilangan pekerjaan. Namun, individu yang mengalami kehilangan harus berkonsentrasi pada apa yang dapat mereka kelola, seperti pikiran sendiri.Terus pertahankan hubungan dengan orang lain, percaya pada kemampuan sendiri, putuskan rencana tindakan selanjutnya, dan sampai individu menemukannya, pertahankan jadwal yang teratur dan sehat".

Ia juga menambahkan bahwa mencari dukungan kesehatan mental perlu dilakukan jika seseorang merasa bahwa mereka telah mengalami tekanan terus-menerus yang merusak kualitas hidup mereka.

Seseorang yang terkena PHK tidak boleh menyerah begitu saja, mereka harus menambahkan keterampilan baru di CV mereka, menjalin hubungan pertemanan yang baru dan percaya pada diri sendiri.