Tekno

Bagaimana Sebenarnya Internet Ditemukan?

  • Sejarah internet dimulai dari penemuan protokol hingga perkembangan menjadi World Wide Web yang kita kenal saat ini.
Tekno
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Internet adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini, tetapi apa yang sebagian besar dari kita anggap sebagai internet dan kita jelajahi setiap hari hanyalah lapisan permukaannya. 

Di balik layar yang selalu kita akses seperti browser, situs web, URL, dan situs pencarian, terdapat jaringan yang kompleks, dan protokol yang rumit. Internet memiliki sejarah panjang yang unik. Sejarah internet dimulai dari penemuan protokol hingga perkembangan menjadi World Wide Web yang kita kenal saat ini.

Dilansir dari ensiklopedia britanica, Senin, 4 September 2023, Pada awal 1980-an, dua ilmuwan komputer, Vinton Cerf dan Bob Kahn, menciptakan dasar teknologi yang sekarang kita sebut sebagai internet. Mereka mengembangkan seperangkat pedoman untuk melakukan transfer data menggunakan teknik packet switching, yang disebut TCP/IP atau Protokol Kontrol Transmisi dan Protokol Internet.

 Bagian TCP bertanggung jawab untuk mengemas data sebelum dipindahkan melintasi jaringan dan membongkarnya setelah data tiba, sementara komponen IP bertindak sebagai koordinator perjalanan, memetakan pergerakan informasi dari titik awal hingga titik akhir.

Jauh sebelum Vinton Cerf dan Bob Kahn melakukan eksperimennya, Leonard Kleinrock pada dekade 60an telah melakukan eksperimen pertama dalam pengembangan jaringan komputer. Pada masa itu, dia berhasil membuat dua node pertama yang terhubung. Eksperimen ini juga mencatat pengujian pertama dari "packet switching," sebuah teknologi yang menjadi pondasi internet modern.

Walaupun eksperimen Kleinrock membuktikan bahwa jaringan tunggal antara dua sistem komputer dimungkinkan, TCP/IP yang ditemukan oleh Cerf dan Kahn memberikan dasar yang lebih efisien untuk menghubungkan berbagai jaringan. Pengembangan ini membawa konsep "internet" yang kita kenal saat ini ke dalam eksistensi, di mana berbagai jaringan lokal dapat saling terhubung melalui protokol yang sama, membentuk jaringan global yang sangat besar.

Internet sekarang telah berkembang pesat dari masa itu. World Wide Web (WWW), yang diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, membawa internet ke tingkat berikutnya dengan memungkinkan pengguna mudah mengakses informasi dalam bentuk teks, gambar, dan video melalui browser web. Ini adalah titik balik penting dalam sejarah internet, yang mengubah cara kita mengakses dan berinteraksi dengan informasi.

Jadi, ketika Anda menjelajahi internet dengan nyaman melalui perangkat Anda, ingat bahwa di balik layar yang cantik terdapat sejarah yang panjang dan kompleks. Internet bukan hanya sekadar tampilan visual, tetapi juga sebuah infrastruktur yang kompleks yang telah dibangun melalui usaha ilmuwan dan insinyur selama beberapa dekade. Semua itu dimulai dengan protokol TCP/IP yang ditemukan oleh Vinton Cerf dan Bob Kahn.