Pengertian dan cara muncul di FYP TikTok
Tekno

Bagaimana Sebuah Konten TikTok Bisa FYP? Berikut Cara Kerjanya

  • FYP atau singkatan dari For Your Page merupakan fitur uang menampilkan koleksi video khusus yang sesuai dengan kesukaan penggemar
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Bagi pengguna Tiktok tentu tak asing dengan istilah FYP. 

FYP atau singkatan dari For Your Page merupakan fitur uang menampilkan koleksi video khusus yang sesuai dengan kesukaan penggemar.

Biasanya, kemunculan video-video pada halaman FYP tentu didasarkan pada algoritma TikTok. Sehingga pengguna TikTok dapat dengan mudah menemukan video yang sejenis dengan apa pernah mereka lihat atau sukai.

Selain didasarkan pada video yang banyak disukai, FYP juga menampilkan video dengan jumlah viewers tinggi. Alhasil, para kreator yang videonya muncul di FYP tentunya akan memiliki lebih banyak penonton lagi.

Berdasarkan dua informasi tersebut, lantas bagaimanakah FYP bekerja?

Berdasarkan informasi di atas, pada pemilihan video FYP terdapat tiga kategori utama yang harus diperhatikan. Antara lain, interaksi pengguna, informasi video, serta pengaturan akun.

Interaksi pengguna adalah aktivitas pemilik akun mengenai video yang disukai, jenis akun yang diikuti, konten yang diunggah, atau bagaimana mereka meninggalkan jejak pada video-video yang dilihat.

Sementara itu, informasi video berarti berdasarkan pada musik yang digunakan. Tidak heran jika banyak sounds naik daun berasal dari fitur ini. Selain itu, penggunaan tagar (hastag) #fyp juga akan berpengaruh.

Dapatkah kita mengatur video supaya muncul di FYP?

Mengutip dari starbanjar.com, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya uanggahan video Anda bisa muncul di FYP.

Pertama, gunakan hastag populer. Dengan menggunakan hastag populer, video yang Anda buat akan lebih terorganisir sehingga bisa tampak di FYP.

Kedua, ikuti tren populer. Tren dapat berasal dari berbagai fitur di aplikasi, seperti suara, tarian, transisi, tantangan atau hashtag.

Ketiga, gunakan musik populer. Agar video lebih optimal, tambahkan musik populer sebagai latar suara. Tujuannya adalah membuat konten Anda lebih mudah diakses sehingga lebih banyak penonton. Menggunakan lagu viral disarankan supaya video lebih menarik.