Pemimpin Minoritas Senat AS Mitch McConnell
Dunia

Bahas RUU Pertahanan, Pejabat Senior AS Bungkam 21 Detik di Depan Media

  • Pemimpin Mayoritas Senat AS dari Partai Republik, Mitch McConnell, mengalami kebuntuan selama sekitar 21 detik saat berbicara dengan para wartawan pada hari Rabu 26 Juli 2023 waktu setempat.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Pemimpin Mayoritas Senat AS dari Partai Republik, Mitch McConnell, mengalami kebuntuan selama sekitar 21 detik saat berbicara dengan para wartawan pada hari Rabu 26 Juli 2023 waktu setempat.

Dia kemudian berjalan pergi hanya untuk kembali 12 menit kemudian dan mengatakan bahwa dia baik-baik saja. Pada hari Rabu, anggota parlemen berusia 81 tahun dari Kentucky itu memulai konferensi pers rutin dengan berbicara tentang kerja sama lintas partai dalam sebuah RUU pendanaan pertahanan yang besar. 

Namun tiba-tiba mengalami kebuntuan selama 21 detik. Dia berdiri diam dan menatap lurus ke depan hingga rekan-rekannya mendekat dan bertanya apakah dia dalam kondisi baik. “Apakah kamu baik-baik saja, Mitch? Apakah ada hal lain yang ingin kamu sampaikan atau sebaiknya kita kembali ke kantormu saja?” tanya Senator John Barrasso.

Setelah itu, McConnell berbalik dan berjalan pergi dengan bantuan dari Barrasso, yang juga seorang dokter. Dilansir dari Reuters, Kamis 27 Juli 2023, dua belas menit kemudian McConnell, kembali bergabung dalam konferensi pers tersebut. “Saya baik-baik saja,” ujarnya sembari menjawab pertanyaan para wartawan mengenai topik lain.

Dia menolak pertanyaan tentang siapa yang mungkin menggantikannya dalam kepemimpinan. Ajudan McConnell mengatakan senator tersebut merasa pusing. McConnell, yang masa jabatan enam tahunnya berlangsung hingga 2026, sempat absen dari Senat pada awal tahun ini setelah tergelincir saat makan malam di Washington 8 Maret

Dia kemudian dirawat di rumah sakit karena mengalami gegar otak. McConnel juga mengalami patah tulang rusuk yang ringan dan kemudian dipindahkan ke fasilitas rehabilitasi. Ia kembali ke Senat pada bulan April. Banyak tokoh top di Washington berusia lanjut, dengan Presiden Joe Biden mencalonkan diri kembali pada usia 80 tahun dan usia rata-rata di Senat di atas 64 tahun. 

Senator AS dari Partai Demokrat, Dianne Feinstein, sempat absen selama beberapa bulan tahun ini akibat serangan cacar api yang menyebabkan komplikasi, termasuk ensefalitis dan sindrom Ramsay Hunt yang dapat menyebabkan kelumpuhan wajah.

Terlalu Tua

Biden, orang tertua yang pernah menjabat di Kantor Oval, bulan lalu tergelincir dan jatuh selama upacara kelulusan di Akademi Angkatan Udara AS di Colorado. Namun dia dengan cepat bangkit dan kembali berjalan menuju kursinya.

Mayoritas warga Amerika, sekitar 61%, mengungkapkan kekhawatiran mereka melalui jajak pendapat Reuters/Ipsos bulan November bahwa anggota Kongres terlalu tua untuk mewakili rakyat Amerika.

Barrasso mengaku sudah merasa khawatir tentang kondisi McConnell sejak kecelakannya. “Sejak dia mengalami cedera beberapa bulan yang lalu, saya tetap merasa khawatir," ujarnya. “Saya selalu berharap yang terbaik untuk Pemimpin McConnell,” imbuh Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer.