<p>Ford</p>
Industri

Bahayakan Konsumen, Ford Tarik 870.000 Unit F-150

  • Penarikan ini dilatar belakangi potensi risiko aktivasi rem parkir elektrik yang tidak terduga akibat permasalahan kabel pada komponen tersebut.

Industri

Muhammad Imam Hatami

WASHINGTON - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor (FN), akan melakukan penarikan kembali terhadap 870.000 unit mobil Ford model F-150 di Amerika Serikat. Penarikan ini dilatar belakangi  potensi risiko aktivasi rem parkir elektrik yang tidak terduga akibat permasalahan kabel pada komponen tersebut. 

Dilansir dari Reuters, senin, 31 Juli 2023, Ford menjelaskan adanya kemungkinan kesalahan produksi pada sistem wiring harness yang dapat terjadi karena kontak dengan rumah gandar belakang. Akibatnya, terdapat risiko bahwa rem untuk parkir elektrik dapat teraktifkan secara tiba-tiba tanpa adanya perintah. Hal ini dapat menyulitkan pengemudi dan berpotensi menyebabkan kecelakaan bila terjadi secara mendadak dalam kondisi berkendara.

Ford akan melakukan penarikan pada mobil model F-150 yang diproduksi antara tahun 2021 hingga 2023. Sebelum penarikan, Ford akan melaporkan masalah ini terlebih dahulu kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) selaku regulator keamanan berkendara di Amerika Serikat

Hingga saat ini, Ford telah mencatat terdapat 918 klaim garansi dan tiga laporan kejadian di lapangan terkait kondisi ini di wilayah Amerika Utara, di mana 299 kasus di antaranya menunjukkan rem parkir elektrik telah diaktifkan secara tidak sengaja, termasuk 19 kali saat sedang mengemudi.

Diantara kasus tersebut tidak ada laporan mengenai insiden kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah ini. Perusahaan tetap mengambil langkah proaktif guna menjaga keselamatan pengemudi, dengan bekerja sama dengan dealer resmi untuk melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Dealer Ford akan memasang tali pengikat pelindung pada kabel yang berisiko mengalami gesekan, serta melakukan pembungkusan selotip untuk mengurangi kemungkinan masalah pada kabel. Jika diperlukan, mereka juga akan mengganti tali pengaman untuk memastikan rem parkir elektrik berfungsi dengan benar dan aman.

Penarikan kembali ini menyoroti pentingnya keselamatan kendaraan dan kualitas produk dalam industri otomotif. Ford berkomitmen untuk mengatasi masalah ini dengan cepat guna mencegah kemungkinan masalah lebih lanjut. Perusahaan ini juga mengimbau pemilik truk F-150 yang terdampak untuk segera menghubungi dealer resmi untuk mendapatkan perbaikan yang diperlukan.