Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Nasional

Bahlil Diisukan Geser Arifin Tasrif dari Menteri ESDM

  • Menjelang akhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) otak-atik kursi Menteri di dalam kabinetnya terus berhembus. Isu reshuffle berhembus akan dilakukan hari Rabu, 31 Juli 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Nasional

Debrinata Rizky

JAKARTA - Menjelang akhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) otak-atik kursi Menteri di dalam kabinetnya terus berhembus. Isu reshuffle berhembus akan dilakukan hari Rabu, 31 Juli 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tersiar kabar Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia bakal menggantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif. Namun Istana telah membantah isu reshuffle menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Joko Widodo ini.

Bahlil menepis isu rotasi dirinya yang akan menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. "Lagi banyak kerjaan di Kementerian Investasi saya," kata Bahlil ditemui di kantornya di Jakarta pada Selasa, 30 Juli 2024.

Bahlil menampik ada agenda kepergian ke IKN dalam waktu dekat. Hal ini karena banyak agenda di lembaga penanaman modal yang dipimpinnya. Selain itu, Bahlil mengaku tidak mengetahui perihal isu dilantiknya mantan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani yang akan menggantikannya sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Dikonfirmasi TrenAsia.com, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono mengatakan siapa pun yang ditunjuk Presiden pihaknya bakal siap melayani. Menurutnya, hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden.

“Kita ngga tahu, kita kan sebagai objek ya, kita siapapun nanti yang ditunjuk presiden kita harus layani. Kalau presiden kita masih bisa milih walaupun pilihan kita ngga jadi kita harus terima juga, jadi tergantung presiden dan sudah dibantah oleh Istana hari ini,” ujarnya, Selasa.

Berdasarkan pantauan TrenAsia.com di Kementerian ESDM, Menteri ESDM Arifin Tasrif masih bertugas seperti biasa dan belum buka suara terkait pergantian dirinya di kabinet.

Sementara itu, Menko Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga mengungkapkan belum mendapatkan informasi terkait reshuffle kabinet di IKN. "Wah saya belum tahu itu, belum ada undangannya juga," ungkap Airlangga di kantornya