<p>Investor asal Thailand Kasikorn Vision Company Limited (KVision) membeli 30,1% saham Bank Maspion milik konglomerat Alim Markus senilai Rp333,37 miliar. / Bankmaspion.co.id</p>
Nasional & Dunia

Bakal Akuisisi 30,01 Persen Bank Maspion Lewat Rights Issue, KVision Jalani Fit and Proper Test di OJK

  • Calon investor PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) yakni Kasikorn Vision Company Limited (KVision) yang berencana mengakuisisi 30,01% saham perseroan tengah menjalani fit and proper test (FPT) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Nasional & Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Calon investor PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) yakni Kasikorn Vision Company Limited (KVision) yang berencana mengakuisisi 30,01% saham perseroan tengah menjalani fit and proper test (FPT) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin 26 April 2021, perusahaan asal Thailand ini akan melaksanakan pembelian saham sebesar 30,01% sesuai dengan Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement/CSPA) setelah diperoleh persetujuan atas FPT.

“Terkait dengan rencana pembelian saham sebesar 30,01 persen tersebut, saat ini KVision sedang dalam proses FPT pada OJK Pengawas Perbankan,” tulis prospektus ringkas perseroan.

Sebagaimana diketahui, Bank Maspion menawarkan sebanyak-banyaknya 2,28 miliar saham atau sekitar 33,97% dari modal ditempatkan. Aksi ini dilakukan dalam rangka penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu II (HMETD II).

Saham yang ditawarkan dalam HMETD II ini senilai Rp100 per saham. Adapun perseroan menjelaskan, rencana penggunaan hasil HMETD II ini akan dialokasikan pada dua pos.

Pertama, sekitar 92% akan dipergunakan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan dalam meningkatkan penyaluran jumlah kredit atau pinjaman. Kedua, sekitar 8% akan dipergunakan untuk investasi di infrastruktur teknologi informasi

Sebagai informasi, Bank Maspion mencetak laba tahun berjalan senilai Rp66,99 miliar sepanjang 2020. Laba tersebut 12,1% year on year (yoy) dibandingkan dengan 2019 sebesar Rp59,75 miliar.