Galeri Smartfren di kawasan BSD Tangerang, Jumat 20 Agustus 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

Bakal Gelar Private Placement, Smartfren (FREN) Incar Dana Segar Rp3,1 Triliun

  • PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) berencana memperkokoh modal perseroan dengan melaksanakan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement dengan nilai mencapai Rp3,1 triliun.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA- Emiten layanan internet milik Sinar Mas, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) berencana memperkokoh modal perseroan dengan melaksanakan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement dengan nilai mencapai Rp3,1 triliun.

Dilansir dari keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan akan menawarkan sebanyak 31 miliar saham yang mewakili 10% dari modal saham perseroan, dengan menerbitkan saham seri C baru dari portepel dengan nilai nominal dan harga pelaksanaan masing-masing Rp100 per lembar.

Adapun perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 12 Juli 2022, guna menyetujui aksi korporasi tersebut yang dapat dilaksanakan paling lambat dua tahun setelah pelaksanaan RUPSLB tersebut.

Dalam aksi korporasi ini, berdampak pada pengurangan jumlah kepemilikan saham sebesar 9,09%, diluar dilusi yang disebabkan Obligasi Wajib dan Konversi III dan Waran Seri III yang belum dilakukan.

Kemudian, dengan adanya penambahan modal tersebut maka akan berdampak terhadap peningkatan nilai ekuitas dan nilai perseroan, guna membiayai modal kerja.

Sebagai informasi, saham FREN pada perdagangan Jumat, 3 Juni 2022, berhasil terapresiasi 7,5% setara dengan naik 6 poin ke harga Rp86 per lembar saham. Adapun kapitalisasi pasar FREN per 3 Juni ini tercatat Rp26,67 triliun.