Apeksi Makassar
Nasional

Balikpapan Sabet Juara Umum di Rakernas Apeksi XVI

  • Balikpapan berhasil menjadi Juara I di kategori Stand Indonesia City Expo (ICE) Apeksi,

Nasional

Muhammad Imam Hatami

MAKASSAR - Pemerintah Kota Balikpapan berhasil sabet dua penghargaan pada acara Rakernas Apeksi XVI tahun 2023 di Makassar. Balikpapan berhasil menjadi Juara I di kategori Stand Indonesia City Expo (ICE) Apeksi. Selain itu meraih Juara II dalam penampilan seni budaya di Pantai Losari, Makassar.

Diketahui Pemerintah Kota Balikpapan selalu mengikuti ICE  setiap tahun, yang merupakan rangkaian APEKSI. "Kebanggaan Pemerintah Kota Balikpapan di bawah 4 OPD yang terlibat. DPMPTSP, DKUMKMP, Dinas Perdagangan, juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang ikut meramaikan dalam gelaran penampilan pentas budaya," Ujar Elok Elvia, Koordinator Bidang penanaman modal DPMPTSP, selaku Koordinator Stand Kota Balikpapan pada Indonesia City Expo.

Stand ICE Pemkot Balikpapan mengusung tema "Ngopi di Beranda IKN" dan menampilkan pengusaha kopi lokal, UMKM binaan dinas Perdagangan. Dengan keberhasilan ini, Pemerintah Kota Balikpapan juga dinobatkan sebagai juara umum setelah meraih juara pertama dan kedua dalam dua kategori yang berbeda tersebut.

Dalam konsep "Ngopi di Beranda IKN," Pemerintah Kota Balikpapan mengajak pengunjung yang akan mengunjungi IKN untuk singgah sejenak di Balikpapan dan menikmati kopi. Didin Hamid hadir sebagai mitra binaan yang memberikan produknya secara gratis kepada pengunjung di stand tersebut. Di samping menikmati kopi, pengunjung juga diajak untuk berdiskusi mengenai potensi investasi, pariwisata, perdagangan, dan industri di Kota Balikpapan.

Rakernas Apeksi XVI  berlangsung selama tiga hari dari 12 hingga 14 Juli 2023 di Center Point of Indonesia, Makassar. Acara ini melibatkan 128 stand pameran dari 98 pemerintah kota peserta Rakernas Apeksi XVI, serta beberapa stand dari kementerian.

Selain itu, Pemerintah Kota Balikpapan juga meraih Juara II dalam penampilan seni budaya. Peserta dari binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tampil memukau dalam panggung seni budaya ICE Apeksi XVI. Mereka menampilkan serangkaian tarian khas Kaltim, seperti Jepen, Enggang, Perang, Hudoq, dan lainnya, yang dikemas dalam satu cerita menarik.

Selama penampilan seni budaya, juga diperlihatkan pakaian adat Kaltim dan batik Balikpapan melalui fashion show. Penampilan tari ini juga disertai dengan medley lagu Nusantara sebagai bentuk perwujudan keberagaman suku dan etnis di Balikpapan.