Bandara Kertajati
Nasional

Bandara Kertajati Kembali Bergeliat Berkat Penerbangan Umrah dan Haji

  • Penerbangan umrah dan haji mulai dibuka di Bandara Kertajati.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Bandara Kertajati yang berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali bergeliat. Hal itu dikarenakan adanya penerbangan khusus untuk jemaah umrah pada 20 November 2022 dan 26 November 2022.

Pada 20 November 2022, sebanyak 224 jemaah umrah berangkat dari Bandara Kertajati menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-300.

Lalu pada 26 November 2022, sebanyak 375 jemaah umrah berangkat dari Bandara Kertajati menuju Bandara Madinah yang menggunakan pesawat Airbus 330-300 milik Lion Air JT 068.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengajak masyarakat di sekitar Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat untuk berangkat umrah dari Bandara Kertajati.

"Selain lebih dekat dari Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kertajati juga relatif tidak padat," ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa, 29 November 2022.

Ia juga berharap adanya penerbangan jamaah umrah ini bisa berkelanjutan. Apalagi, jika Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan rampung pada akhir tahun ini, maka hal itu bisa berimbas pada Bandara Kertajati yang semakin ramai dan kompetitif.

Selain itu, menurut Corporate Communication Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro, untuk penerbangan umrah dari Bandara Kertajati, Lion Air memperkenalkan layanannya berupa penerbangan non stop (tanpa transit) dari Bandara Udara Internasional Kertajati.

Ia menambahkan, rute perdana dari Kertajati-Madinah menggunakan layanan Premium Service - Umrah dengan menggunakan pesawat Airbus 330-300CEO.

"Jenis pesawat tersebut mampu melayani non stop yang membutuhkan waktu tempuh hingga lebih dari 12 jam," katanya.