TTP Bandung Kunjungan Ke Medan Pelajari Tata Kelola Pemerintah
Nasional

Bandung Belajar ke Medan Soal Pengelolaan Perusahaan Daerah

  • Melalui PUD Pasar, Pemkot Medan telah menjalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan daerah penghasil pertanian, guna menjaga inflasi di Kota Medan.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Pemkot Bandung berkunjung ke Pemkot Medan untuk belajar soal tata kelola pemerintahan dan pengelolaan perusahaan umum daerah (PUD). Kunjungan tersebut dilakukan Tim Percepatan Pembangunan (TPP) Kota Bandung, Kamis,13 Juli 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Medan, Wiriya Alrahman, menyambut langsung kehadiran Tim TPP Kota Bandung yang dipimpin Prof Muradi di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota Medan. Sebagai informasi, Medan memiliki tiga PUD yakni PUD Pasar, PUD Pembangunan dan PUD Rumah potong hewan.

Menurut Sekda, PUD Pasar menjadi unggulan daerah saat ini karena telah berjalan optimal untuk mendongkrak pendapatan daerah. “Dua PUD lain belum berkembang baik. Namun kami tetap berusaha menjadikan PUD ini sebagai sumber pendapatan Kota Medan,” ujar Sekda dikutip dari laman resmi Pemkot Medan, Minggu 16 Juli 2023. 

Masukan untuk Bandung

Melalui PUD Pasar, Pemkot Medan telah menjalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan daerah penghasil pertanian, guna menjaga inflasi di Kota Medan. “Pemkot Medan dalam menjaga dan mengatasi inflasi telah menjalin KAD dengan kabupaten penghasil komoditas di wilayah Sumut,” jelas Wiriya.

Pihaknya mengapresiasi TPP Kota Bandung yang telah menjadikan Kota Medan Best Practice terkait Tata Kelola Pemerintah dan Pengelolaan PUD. “Semoga pertemuan ini membawa manfaat bagi pembangunan di Kota Bandung," ujar Sekda.

Sementara itu Ketua TPP Kota Bandung, Muradi, menjelaskan pihaknya ingin mempelajari tata kelola pemerintah dan pengelolaan PUD yang dilakukan Pemkot Medan. “Hasil pertemuan ini akan menjadi bahan masukan untuk Bandung dalam pembangunan,” ujar guru besar FISIP Unpad itu.