Bangga! 4 Makanan Tradisional Indonesia Ini Dinobatkan dalam 50 Salad Terbaik di Dunia
Gaya Hidup

Bangga! 4 Makanan Tradisional Indonesia Ini Dinobatkan dalam 50 Salad Terbaik di Dunia

  • Inilah beberapa makanan tradisional khas Indonesia yang berhasil masuk salad terbaik di dunia.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Salad adalah sebuah hidangan atau masakan yang pada umumnya terdiri dari campuran berbagai macam sayuran atau bahan alami lainnya. Biasanya salad disajikan sesuai dengan temperatur ruangan, tapi ada juga yang disajikan ketika masih hangat.

Ternyata ada banyak macam olahan salad yang ada di dunia ini, tidak terkecuali di Indonesia. Berikut 4 makanan tradisional Indonesia yang dinobatkan dalam 50 salad terbaik di dunia versi Taste Atlas. Berikut daftar selengkapnya.

4 Makanan Tradisional Indonesia yang Dinobatkan dalam 50 Salad Terbaik di Dunia

4 Makanan Tradisional Indonesia yang Dinobatkan dalam 50 Salad Terbaik di Dunia

1. Pecel

Pecel menduduki posisi ke 19 dalam daftar 50 salad terbaik di dunia. Pecel terbuat dari beberapa sayuran seperti kacang panjang, timun, kemangi yang disiram saus kacang yang terbuat dari cabai, gula aren, bawang putih, air asam jawa, terasi, daun jeruk purut, garam, dan kencur. Biasanya pecel dikonsumsi bersama dengan nasi dan berbagai lauk lainnya seperti tempe dan tahu goreng, ayam goreng, ikan goreng, ati goreng, dan sebagainya.

2. Karedok

Karedok adalah versi salad sayuran tradisional Indonesia yang menduduki posisi nomor 50 salad terbaik di dunia. Karedok terbuat dari timun, kol, kacang hijau, kemangi, tauge, dan terong yang biasanya disajikan secara mentah dan diiris-iris. Kemudian, sayuran tersebut disajikan sambil disiram dengan saus kacang tradisional. Karedok sering disamakan dengan gado-gado, tapi bedanya karedok menggunakan sayuran mentah.

3. Rujak cingur

Rujak cingur adalah masakan khas Indonesia yang menduduki posisi nomor 40 salad terbaik di dunia. Rujak cingur terbuat dari  buah-buahan, sayuran, dan moncong binatang seperti irisan mulut sapi. Hidangan ini juga dilengkapi dengan saus pedas Indonesia yang terbuat dari terasi, kacang tanah, gula, dan cabai.

4. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan tradisional Indonesia yang menduduki posisi 25 salad terbaik di dunia. Gado-gado terdiri atas aneka sayuran, telur, tempe, dan tahu. Sayuran yang ada di gado-gado biasanya direbus sebentar, disiram saus pedas dan dilengkapi dengan kerupuk udang yang renyah.

Itu tadi beberapa makanan tradisional khas Indonesia yang berhasil masuk salad terbaik di dunia.