Lulur Khas Bugis.jpeg
Nasional

Bangga! Lulur Khas Bugis Tembus Pasar Internasional

  • Bea Cukai Sangatta bersama Dinas Koperasi (Diskop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kutai Timur dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur mencium potensi bedda lotong yang notabene lulur tradisional khas Nusantara.
Nasional
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Bea Cukai Sangatta bersama Dinas Koperasi (Diskop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kutai Timur dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur mencium potensi bedda lotong yang notabene lulur tradisional khas Nusantara. 

Mereka kemudian membantu UMKM yang memproduksi lulur ini yakni Henny Beauty untuk mengekspor produk ke China. Ekspor perdana telah dilakukan pada 27 Juli 2023 lalu. Bedda lotong atau bedak hitam merupakan lulur tradisional dikenal sejak lama oleh masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Suku Bugis. 

Lulur tradisional ini terbuat dari beras berkualitas yang dikombinasikan dengan rempah alami pilihan. Produk tradisional ini baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kepala Kantor Bea Cukai Sangatta, Wahyu Anggara , mengatakan Henny Beauty merupakan UMKM pertama yang berkoordinasi dengan pihaknya untuk kegiatan ekspor dalam jumlah besar.

Sebelumnya, UMKM ini sudah beberapa kali melakukan ekspor produk ke berbagai negara, seperti Taiwan, Malaysia, Australia, Singapura, dan Arab Saudi. "Namun, dalam jumlah kecil,” kata Wahyu dilansir dari laman Bea Cukai pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Menurutnya, pelepasan ekspor perdana produk kecantikan Henny Beauty dalam jumlah besar ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa UMKM di Kabupaten Kutai Timur memiliki potensi besar untuk menembus pasar internasional.

Wahyu menegaskan, Bea Cukai Sangatta akan terus bekerja sama dengan UMKM dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam membantu para pelaku UMKM melakukan kegiatan ekspor. Selain Henny Beauty, Wahyu mengatakan masih ada satu lagi pelaku UMKM yang akan melakukan ekspor.

Namun, dirinya tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait produk seperti apa yang akan melakukan ekspansi produk ke pasar Internasional. "Kami harap ekspor ini tidak hanya sekali, dan akan terus berlanjut makin besar. Kami siap terus membantu rekan-rekan UMKM di Kutai Timur. Akan kami dorong terus agar makin banyak UMKM yang berhasil melakukan ekspor," tegas Wahyu.