Michelle Yeoh bersama trofi Piala Oscar perdananya.
Gaya Hidup

Banggakan Asia, Michelle Yeoh Catat Sejarah Penting di Oscar 2023

  • Michelle Yeoh mencetak sejarah penting saat memenangi kategori Best Actress untuk Piala Oscar 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Michelle Yeoh mencetak sejarah penting saat memenangi kategori Best Actress untuk Piala Oscar 2023. Penghargaan ini menjadikannya perempuan Asia pertama yang berhasil menjuarai kategori Best Actress di Academy Award ke-95 tersebut. Itu juga menjadi Piala Oscar pertama sepanjang kariernya. 

Prestasi gemilang itu diraihnya berkat aksi memukau di film Everything Everywhere All at Once. Di film sci-fi petualangan tersebut, Yeoh berperan sebagai salah satu karakter utama bernama Evelyn Wang. Sang aktris pun tak bisa menahan haru ketika menyampaikan pidato di atas panggung Oscar. “Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya dan menonton malam ini, ini bukti nyata dari sebuah mimpi,” ujar Yeoh, dikutip dari oscars.org, Senin 13 Maret 2023.  

Pidato tersebut ingin menekankan bahwa warga keturunan Asia pun bisa meraih prestasi di ajang dunia sekelas Oscar. Yeoh juga menyampaikan bahwa usia tidak menjadi hambatan bagi setiap orang yang memiliki mimpi besar. Sebagai informasi, Michelle Yeoh memenangi Oscar perdananya tersebut di usia 60 yahun. “Untuk para perempuan, jangan biarkan siapa pun mengomentari kalian bahwa kalian sudah melewati masa jaya. Jangan pernah menyerah,” tutur Yeoh sambil menahan air matanya.  

Anugerah Best Actress yang diraih Michelle Yeoh mengukuhkan dominasi Everything Everywhere All at Once dalam Piala Oscar tahun ini. Film besutan The Daniels itu meraih total 7 piala dari berbagai kategori tahun ini, termasuk Best Picture, Best Director, dan Best Supporting Actor untuk Ke Huy Quan.