<p>Manajemen PT MNC Studios International Tbk (MSIN) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo / Msi.id</p>
Korporasi

Bangun Grup Digital Entertainment Terbesar di Indonesia, MSIN Konsolidasi Aset Digital MNC Media

  • PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) melakukan konsolidasi aset digital perseroan dengan menambahkan RCTI+ dan SVOD OTT, Vision+ menjadi bagian dari perseroan
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), melakukan konsolidasi aset digital perseroan dengan menambahkan RCTI+ dan SVOD OTT, Vision+ menjadi bagian dari perseroan. 

Selain itu, konsolidasi juga akan mencakup enam portal MNCN, yaitu okezone.com, sindonews.com, inews.id, celebrities.id, idxchannel.com, dan sportstars.id. Direktur MSIN Valencia Tanoesoedibjo mengatakan, langkah ini dalam rangka menciptakan grup digital entertainment terbesar di Indonesia.

“Dengan transisi ini, MSIN akan senantiasa memperbarui dan mempercepat ekspertise digital dan wawasan strategis, serta memperkuat posisi kami sebagai grup konten dan digital entertainment terbesar di Indonesia,” kata Valencia dalam keterbukaan informasi, Jumat 3 Desember 2021.

Valencia menjelaskan, terpilihnya MSIN sebagai entitas untuk konsolidasi ini dikarenakan merupakan perusahaan produksi konten terbesar untuk platform digital dan non-digital yang memproduksi berbagai jenis genre konten seperti drama, reality show, animasi, infotainment, film, dan banyak lainnya. Selain itu, Perseroan juga mendominasi pangsa pasar produksi untuk masing-masing kategori tersebut.

Kapasitas produksi konten drama milik Perseroan mencapai 2.121 jam sampai dengan September 2021, yang mewakili sebesar 37,1% dari total produksi drama di Indonesia. Di mana drama menjadi genre konten yang paling diminati di Tanah Air. 

Konten animasi juga telah memberikan kontribusi besar bagi perseroan. MSIN telah berhasil menghasilkan banyak IP sukses, dengan pangsa pasar produksi konten animasi sebesar 42,6%, yang telah diekspor ke lebih dari 60 negara. 

Selain itu, MSIN juga mendominasi pangsa pasar produksi reality show dan infotainment, yang masing-masing memperoleh pangsa pasar produksi sebesar 47% dan 32%.