minoa.jpg
Sains

Bangunan Misterius Berusia 4.000 Tahun Ditemukan di Pulau Kreta

  • Antara sekitar tahun 3000 hingga 1100 SM, bangsa Minoa menciptakan salah satu budaya Eropa kompleks pertama di Pulau Kreta

Sains

Amirudin Zuhri

KRETA-Sebuah struktur melingkar yang diperkirakan berusia 4.000 tahun  ditemukan di puncak sebuah bukit di Pulau Kreta Yunani. Para arkelolog memperkirakan bangunan ini untuk ritual bangsa Minoa kuno.

“Terdiri dari delapan cincin batu yang ditumpangkan dengan dinding kecil yang berpotongan membentuk ruangan, bangunan ini hampir seperti labirin,” kata perwakilan dari Kementerian Kebudayaan Yunani dalam pernyataan  Selasa 11 Juni 2024. Ini dikatakan mengisyaratkan labirin legendaris yang dibangun untuk Raja Minos dari Kreta.

Struktur unik tersebut berukuran diameter  48 meter dan ditemukan sekitar  51 kilometer tenggara Heraklion, ibu kota Kreta. Bangunan ditemukan ketika para pekerja konstruksi sedang memasang sistem radar pengawasan untuk bandara baru. 

Terletak di puncak bukit dekat kota Kastelli, bangunan kuno ini tampaknya memiliki dua zona utama. Pertama bangunan melingkar dengan diameter  15 m di bagian tengahnya, dan kedua  area yang tercipta dari dinding yang memancar keluar dari situ. 

Berdasarkan gaya pecahan tembikar yang ditemukan selama penggalian, para arkeolog memperkirakan bangunan tersebut berasal dari tahun 2000 hingga 1700 SM, di tengah peradaban Minoa. 

Antara sekitar tahun 3000 hingga 1100 SM, bangsa Minoa menciptakan salah satu budaya Eropa kompleks pertama di Pulau Kreta. Mereka   meninggalkan contoh-contoh tembikar, patung, perhiasan , dan lukisan dinding yang rumit . Sayangnya bahasa tulisan utama mereka belum pernah sepenuhnya diuraikan.

Setelah peradaban mereka runtuh , suku Minoa sebagian besar dilupakan. Sampai dilakukan penelitian arkeologi pada awal abad ke-20 oleh Sir Arthur Evans. Dialah  yang menciptakan istilah "Minoan" yang diambil dari nama Raja Minos dalam mitologi. 

Bukan Tempat Tinggal

Istana kuno Knossos adalah contoh arsitektur Minoa  paling terkenal dengan ruang terbuka tengah yang diapit  sayap dari lusinan ruangan kecil yang dihubungkan oleh koridor. Meskipun secara umum disebut "istana", bangunan besar Minoa ini pada dasarnya merupakan area untuk kegiatan administrasi lokal dan bukan tempat tinggal kerajaan.

Menurut Kementerian Kebudayaan Yunani, bangunan yang baru ditemukan di dekat Kastelli juga tidak mungkin digunakan sebagai tempat tinggal. Sebaliknya, kehadiran banyak tulang binatang di antara temuan-temuan lainnya menunjukkan bahwa bangunan tersebut digunakan secara berkala untuk pesta ritual masyarakat yang melibatkan makanan, anggur, dan persembahan lainnya. 

Namun, struktur Kastelli tidak memiliki persamaan yang persis dengan bangunan monumental kuno lainnya. Istana seperti Knossos disusun dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Sedangkan struktur yang baru ditemukan berbentuk lingkaran. Bentuk yang lebih sering ditemukan di makam Minoa. 

Karena pekerjaan arkeologi pada bangunan tersebut masih berlangsung, para peneliti belum mengetahui secara pasti bentuk atau tingginya. Penelitian tambahan direncanakan, bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri Yunani dan Otoritas Penerbangan Sipil Hellenic, untuk mengetahui secara pasti untuk apa bangunan misterius itu digunakan dan untuk melindunginya untuk penelitian di masa depan.