Tongkang Laut Dimuat dengan Minyak Mentah dari Formasi Eagle Ford Shale di Crude Dock yang Baru Diperluas di Pelabuhan Corpus Christi, Texas (Reuters/Darren Abate)
Dunia

Banjir Minyak di Texas Jelang Tutup Tahun 2023

  • Menurut data pemerintah AS, ekspor minyak mentah AS, hampir semuanya berangkat dari Gulf coast AS, rata-rata sekitar 4 juta barel per hari (bph) sepanjang tahun ini. Angka itu sekitar 500.000 lebih banyak dari rekor tahun lalu karena produksi minyak naik menjadi 13,2 juta barel per hari.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Minyak membanjiri Texas pada pekan-pekan terakhir tahun 2023. Ini karena para pedagang menemukan outlet di luar negeri untuk mencatat produksi Amerika Serikat (AS) dan menghindari tagihan pajak akhir tahun yang besar untuk persediaan mereka.

Menurut data pemerintah AS, ekspor minyak mentah AS, hampir semuanya berangkat dari Gulf coast AS, rata-rata sekitar 4 juta barel per hari (bph) sepanjang tahun ini. Angka itu sekitar 500.000 lebih banyak dari rekor tahun lalu karena produksi minyak naik menjadi 13,2 juta barel per hari.

Minyak mentah West Texas Intermediate AS diskon yang lebih luas untuk patokan global Brent, saat ini sekitar US$4,50 per barel, membuat minyak AS lebih menarik bagi penyuling Eropa dan Asia.

“Arus menuju Asia ingin menyelesaikan tahun ini dengan kuat, terutama untuk kargo yang menuju ke China,” kata Matt Smith, seorang analis di perusahaan pelacak kapal Kpler, dikutip dari Reuters, Senin, 18 Desember 2023.

Persediaan minyak mentah Gulf Coast AS turun 1,2% menjadi 247,9 juta barel pekan lalu, penurunan minggu ketiga berturut-turut, sebagian karena ekspor yang kuat. Pemanfaatan penyimpanan mencapai sekitar 63% dari total kapasitas kerja di sepanjang pantai, lebih rendah dari rata-rata pemanfaatan pada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu faktor yang mendorong pengeluaran ini adalah pajak akhir tahun pada minyak yang disimpan di Texas. Menurut Smith dari Kpler, ekspor minyak mentah AS kemungkinan akan rata-rata sekitar 5 juta barel per hari dalam dua minggu terakhir tahun ini karena pertimbangan pajak mendorong barel keluar dari Gulf coast.

Mereka yang tidak dapat mengangkut barel-barel melalui jalur air akan mencari cara untuk mengirim minyak ke tempat-tempat di mana pajak lebih rendah, seperti pusat penyimpanan besar di Cushing, Oklahoma.

Menurut firma penelitian energi Energy Aspects, di Oklahoma, tingkat pajaknya sekitar 1%, sementara di Texas berkisar antara 2,50% hingga 2,75%. Persediaan di Cushing telah naik selama delapan minggu berturut-turut bulan ini menjadi 30,8 juta barel dari 21 juta barel.