<p>Awak media mengambil gambar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat 5 Juni 2020. IHSG ditutup menguat 0,63% atau 31,08 poin ke level 4.947,78 pada akhir perdagangan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Banjir Permintaan, Saham Aviana Sinar Abadi (IRSX) Oversubscribed 100 Kali Jelang IPO

  • Perusahaan teknologi PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX) akan IPO di BEI pada Selasa, 6 Februari 2023.
Pasar Modal
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Perusahaan teknologi PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX) siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) lewat initial public offering (IPO) pada Selasa, 6 Februari 2023. Aviana menawarkan saham perdana di harga Rp101 per saham.

Pada periode penawaran umum yang diselenggarakan tanggal 1-3 Februari 2023, tercatat Aviana (IRSX) kedatangan sekitar 22.800 pemegang saham baru. Saham IRSX mencatatkan kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 100 kali.

Direktur Utama PT Aviana Sinar Abadi Tbk (IRSX) Panji Pramana menyebutkan tingginya antusias investor terhadap penawaran saham IRSX bisa menjadi titik pertama bagi para usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk go digital dan bangkit lebih tinggi lagi setelah pandemi.

“Melihat antusiasme dari pasar terhadap Aviana, kami sangat senang dan optimis akan terus dapat melakukan pengembangan teknologi untuk menghasilkan inovasi dan solusi bagi berbagai macam sektor bisnis, dan menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka secara nasional dan global," kata dia.

IRSX menawarkan 1 miliar lembar saham atau setara dengan 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan dengan harga Rp 101 per saham. 

Aviana juga secara bersamaan menerbitkan 1,4 miliar waran seri 1 yang menyertai saham baru perseroan dengan perbandingan 5 banding 7, yang artinya pemegang lima saham baru akan mendapatkan tujuh waran. Shinhan Sekuritas akan bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek pada IPO. 

Menurut prospektus perseroan, sekitar 78,57% dana dari IPO akan digunakan oleh perusahaan anak untuk belanja modal dan modal kerja. Sekitar 4,08% akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal. Kemudian, sekitar 17,35% akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja.

IRSX adalah perusahaan teknologi yang fokus bisnisnya pada IT hub. Platform IRSX mempertemukan antara perusahaan dengan teknologi digital yang menghasilkan efisiensi dan keuntungan lebih bagi penggunanya. Dalam pengembangan pipeline-nya,  IRSX akan mengintegrasikan Web3.0, Metacomm, dan Artificial Intelligence (AI) ke platfom IRSX.