Benyamin Tampubolon, Digital Banking Service Function Head bersama Dhianendra Laksmana, CFO eFishery saat acara penandatangan kerja sama strategis Amar Bank dengan eFishery di Bandung, 27 Maret 2024.
Perbankan

Bank Amar Gandeng eFishery untuk Salurkan Pembiayaan Akuakultur dengan Total Rp100 M

  • Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan pembiayaan berupa close-loop financing (pembiayaan ekosistem) kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor akuakultur dan perikanan budidaya.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR), telah menjalin kemitraan dengan eFishery, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia dan bergerak dalam bidang akuakultur. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan pembiayaan berupa close-loop financing (pembiayaan ekosistem) kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor akuakultur dan perikanan budidaya.

Melalui kerjasama ini, Amar Bank dan eFishery berencana untuk menyediakan pendanaan bersama dengan total dana mencapai Rp100 miliar kepada pembudidaya ikan di Indonesia.

Baca Juga: Ekspansi di India, eFishery Perkuat Posisi di Pasar Akuakultur Global

Benyamin Tampubolon, Digital Banking Service Function Head, menyatakan bahwa kerjasama dengan eFishery merupakan langkah penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM di sektor akuakultur di Indonesia. 

“Sebagai pionir bank digital di Indonesia, Amar Bank senantiasa berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak lagi UMKM yang dapat manfaat perbankan digital, dan eFishery sebagai mitra yang tepat untuk membantu kami mewujudkan komitmen tersebut,” papar Benyamin melalui pernyataan resmi, dikutip Senin, 1 April 2024.

Benyamin menambahkan bahwa fokus Amar Bank adalah pada inklusi keuangan, terutama untuk UMKM, dengan menyediakan layanan keuangan yang solutif dan dapat diandalkan. 

Dia menyatakan bahwa Amar Bank ingin menjadi solusi bagi kebutuhan finansial dengan memberikan layanan yang cepat dan fleksibel untuk mendukung pertumbuhan bisnis, termasuk UMKM.

Kerjasama sinergis antara Amar Bank dan eFishery akan difokuskan pada pembudidaya ikan yang tergabung dalam program Kasih, Bayar Nanti (Kabayan) yang dikelola oleh eFishery. 

Program ini bertujuan untuk memberikan akses finansial kepada pembudidaya ikan guna mendukung perkembangan bisnis mereka.

Selain itu, Amar Bank dan eFishery juga menyatakan komitmennya untuk menyediakan layanan perbankan digital bagi pembudidaya ikan.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Petani dan Nelayan, eFishery Hilirasi Produk Perikanan

Melalui produk Embedded Banking and Finance, Amar Bank akan mendukung usaha pembudidaya ikan mitra eFishery dengan menyediakan layanan perbankan digital yang terintegrasi ke dalam platform eFishery.

Dhianendra Laksmana, Chief Financial Officer (CFO) eFishery, menyambut baik kerjasama antara eFishery dan Amar Bank dalam program Kabayan. 

Dia mengemukakan bahwa kolaborasi ini akan menjadi langkah penting dalam mendorong pertumbuhan industri akuakultur di Indonesia. 

“Harapannya, kolaborasi antara kedua belah pihak dapat menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan dan kemajuan industri akuakultur di Indonesia, serta memberikan solusi yang handal bagi para pelaku UMKM,” kata Dhianendra.