<p>Bank BJB Mobile. / Facebook @BankBJBOfficial</p>
Industri

Bank BJB Permudah Bayar Pajak Kendaraan Lewat Indomaret dan Bukalapak

  • TANJUNGPINANG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk. (BJBR) alias Bank BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) membuka layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan melalui Indomaret dan Bukalapak. Pimpinan Divisi Corporate Secretary Widi Hartoto Bank BJB mengatakan pembayaran tersebut juga berlaku untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

TANJUNGPINANG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk. (BJBR) alias Bank BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) membuka layanan pembayaran pajak tahunan kendaraan melalui Indomaret dan Bukalapak.

Pimpinan Divisi Corporate Secretary Widi Hartoto Bank BJB mengatakan pembayaran tersebut juga berlaku untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta regitrasi dan identifikasi kendaraan bermotor secara elektronik di Kepri.

“Inovasi tersebut merupakan bentuk dukungan Bank BJB terhadap optimalisasi pendapatan daerah,” ungkap dia dalam siaran tertulis di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat, 29 Mei 2020.

Untuk pembayaran PKB, Widi melanjutkan, Wajib Pajak (WP) dapat menggunakan aplikasi e-samsat KEPRI yang dapat diunduh di Google Play Store untuk mendapatkan kode bayar, kemudian pembayaran dapat dilakukan di Indomaret maupun Bukalapak.

Adapun langkah awal bagi WP, mereka dapat memilih opsi pembayaran pada menu aplikasi Bank BJB, kemudian memasukkan nomor polisi kendaraan, dilanjutkan dengan enam digit terakhir nomor rangka. Setelah kode pembayaran akan muncul dan dapat dilanjutkan ke pembayaran.

“Setelah membayar di Indomaret atau Bukalapak, WP akan memperoleh bukti pembayaran yang harus disimpan agar dapat mencetak Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD),” kata Widi.

Dengan kemudahan akses pembayaran pajak, lanjutnya, diharapkan semakin banyak para WP yang dapat memanfaatkannya. Selain itu, khusus di sektor pembayaran pajak, inovasi tersebut juga diharapkan dapat membantu mempercepat kinerja perolehan pendapatan daerah, yang menjadi modal penting bagi pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian.

Sebelumnya, Bank BJB juga telah melakukan inovasi pembayaran elektronik lainnya, seperti Tabungan Samsat (T Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret (Samsat J’bret), dan Samsat Banten Hebat (Sambat). Di samping itu, Bank BJB melalui aplikasinya juga melayani sistem setoran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2). (SKO)