<p>Karyawan melayani nasabah di salah satu Kantor Cabang Bank DKI, Jakarta, Jum&#8217;at, 26 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Bank DKI Klaim UMKM di Jakarta Tak Kesulitan Beralih ke Digital

  • Transformasi digital Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (DKI) di Ibu Kota tak mengalami kesulitan yang berarti.

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Sekretaris Perusahaan PT Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan transformasi digital Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (DKI) di Ibu Kota tak mengalami kesulitan yang berarti.

UMKM di wilayah DKI Jakarta yang adaftif, kata Herry, ditopang oleh infrastruktur digital dan jaringan komunikasi yang memadai.

“Sebelum kami masuk para UMKM di Jakarta sudah banyak kenal digitalisasi dan sangat terbuka, sehingga tak ada kesulitan dalam penyesuaian,” kata Herry dalam webinar, Senin 10 Mei 2021.

Salah satu bentuk transformasi penyaluran kredit, Bank DKI memiliki sejumlah program yang dapat diakses nasabah secara daring. Termasuk bekerja sama dengan e-commerce Lazada untuk mendanai UMKM yang terdaftar di marketplace  tersebut.

Kendati begitu, penyaluran kredit Bank DKI masih terpantau terkoreksi.  Sepanjang 2020, penyaluran kredit dan pembiayaan masih minus 4,71% year on year (yoy) menjadi Rp35,66 triliun.

Penurunan kredit tahun lalu, dikarenakan Bank DKI mengurangi eksposure kredit yang diberikan kepada bank menjadi hanya Rp575 miliar pada 2020 dari semula Rp3 triliun pada 2019.

Adapun kredit yang diberikan kepada sektor riil tetap tumbuh sebesar 1,95% dari semula sebesar Rp34,40 triliun pada 2019 menjadi Rp35,08 triliun tahun lalu.